Pilbox Jepang Sungai Limau Padang Pariaman

0 6

Pilbox Jepang Sungai Limau

Pilbox Jepang Sungai Limau merupakan salah satu dari sekian banyak bangunan pertahanan yang dibuat oleh tentara Jepang pada masa pendudukannya (1942-1945) di wilayah pesisir Barat Sumatera pada era Perang Dunia II. Pilbox ini diperkirakan dibangun pada masa akhir kekuasaan Jepang 1944-1945, saat dimana tentara kekaisaran Jepang sudah mulai bersifat defensif (dari sebelumnya ofensif) guna mempertahankan daerah kekuasaan dari serangan Sekutu.

Pilbox ini berbentuk segi enam dengan masing-masing sisi berukuran 2,10 m dengan diameter atas 4,3 m. Tinggi bangunan dari tanah adalah 1,5 m dengan ketebalan bangunan rata-rata 25 cm. Arah hadap pillbox adalah barat, dengan pintu masuk berada di sisi timur. Pintu masuk ini berukuran lebar 90 cm, tinggi 1,5 m. Pada bangunan juga terdapat 5 buah lubang tembak pada masing-masing sisi (kecuali pintu masuk) yang berukuran panjang 1,3 m x 30 cm. Namun kondisi lubang tembak yang berada di sisi utara sudah ditutupi dengan coran semen, dan dijadikan sebagai taman.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Padang-Pariaman.pdf
Comments
Loading...