Situs Petilasan Watu Gilang Malang

0 237

Lokasi Petilasan Watu Gilang Malang

Petilasan Watu Gilang berada di Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Petilasan Watu Gilang Malang

watu gilang

Situs Watu Gilang sendiri merupakan sebuah tembok berupa tumpukan bebatuan setinggi 4 meter dengan panjang sekitar 27 meter. Posisinya berada di atas puncak gunung dan berbatasan dengan Gunung Dworowati di sisi selatan. Di situs Watu Gilang ini terdapat beberapa tulisan kuno berukuran besar yang terpampang di salah satu batu Watu Gilang. Uniknya, bentuk tulisan tersebut berbeda dengan temuan pada seluruh situs di wilayah Jawa Timur. Para arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan pernah didatangkan ke situs Watu Gilang ini untuk memecahkan misteri aksara kuno tersebut. Di  kompleks situs Watu Gilang ini juga terdapat arca berukuran sangat besar.

Legenda Situs Watu Gilang

Konon situs Watu Gilang merupakan bekas areal pertempuran antara pasukan Singhasari dan Kerajaan Kediri. Penguasa Gelang-Gelang, Jayakatwang, menyerang ibukota Singhasari yang diperintah oleh Kertanegara dari arah utara dan selatan. Jadi, situs ini merupakan benteng terakhir Kerajaan Singhasari saat melawan Kerajaan Kediri. Selain itu menurut sesepuh desa setempat, di area ini juga terdapat sebuah kawasan sumur beracun. Semua makhluk hidup yang melintas di atas sumur racun tersebut dipercaya akan mati. Bahkan, burung yang terbang di atasnya pun konon bisa mati.

Tak jauh dari Watu Gilang, tepatnya di Desa Pujon Kidul, juga pernah ditemukan ribuan keping uang koin kuno berusia ratusan tahun di sebuah tebing di pekarangan penduduk. Kepingan koin tersebut diperkirakan peninggalan Dinasti Ching dan Dinasti Ming yang berkuasa pada abad ke-13 hingga abad ke-16. Uang koin kuno berbahan tembaga dan kuningan itu berbentuk bulat dan pada bagian tengahnya berlubang segi empat. Di salah satu sisinya tertera huruf China. Konon, ribuan keping uang koin kuno seberat 50 kilogram itu merupakan sisa-sisa dari peninggalan pasukan Kubilai Khan yang pernah menyerang Kerajaan Kediri pada tahun 1293.

Untuk menuju situs Watu Gilang aksesnya masih cukup sulit, sehingga tempat wisata ini belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Jalur paling dekat untuk mencapai Watu Gilang dapat ditempuh melalui Pujon menuju Pasar Mantung. Setelah melewati jembatan Mantung, Anda harus berbelok ke kanan kemudian naik menuju Desa Ngabab. Dari Ngabab, Anda bisa bertanya pada penduduk setempat arah menuju Watu Gilang. Atau bisa juga minta untuk diantar tukang ojek dengan biaya sekitar Rp 50-60 ribu per orang (pulang pergi).

Untuk sampai ke petilasan memang hanya dapat dicapai dengan kendaraan sepeda motor dengan menembus hutan. Jaraknya dari Desa Ngabab sekitar 6 kilometer dan dibutuhkan waktu sekitar setengah jam perjalanan. Anda pun harus ekstra hati-hati sebab harus melewati jalan setapak yang hanya dapat dilintasi untuk satu sepeda motor saja. Jalur akan makin naik ke arah puncak bukit yang biasanya diselimuti kabut tipis.

Source Petilasan Watu Gilang Malang Malang
Comments
Loading...