Pesarean Gunung Kawi Wonosari

0 483

Lokasi Pesarean Gunung Kawi

Pesarean ini terletak di Dusun Wonosari No. 46 RT. 09 RW. 05 Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Lokasi pasarean ini berada di sebelah utara Pasar Desa Wonosari.

Pesarean Gunung Kawi

Kata pesarean diambil dari bahasa Jawa yang artinya kuburan. Jadi, Pesarean Gunung Kawi maksudnya adalah kuburan atau makam yang berada di lereng Gunung Kawi. Namun demikian, tidak semua makam yang berada di lereng Gunung Kawi termasuk ke dalam pengertian Pesarean Gunung Kawi ini.

Yang dimaksud Pesarean Gunung Kawi sesungguhnya mengacu kepada makam Kyai Zakaria II (Mbah Joego) dan Raden Mas Iman Soedjono. Kyai Zakaria II di kalangan Tionghoa disebut sebagai Taw Low She, yang artinya Guru Besar Pertama. Sedangkan, RM Iman Soedjono di kalangan Tionghoa lazim disebut sebagai Djie Low She, yang artinya Guru Besar Kedua.

Menurut R. Soelardi Soeryowidagdo dalam bukunya, Pesarean Gunung Kawi: Tata Cara Ziarah dan Riwayat Makam Eyang Panembahan Djoego, Eyang Raden Mas Iman Soedjono di Gunung Kawi (1989:8) dijelaskan bahwa, berdasarkan Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh Pengageng Kantor Tepas Darah Dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Nomor 55/TD/1964 yang ditandatangani oleh Kanjeng Tumenggung Danoehadiningrat pada tanggal 23 Juni 1964, diterangkan silsilah Kyai Zakaria II.

Source Pesarean Gunung Kawi Wonosari Malang
Comments
Loading...