Pesantren Syekh Hasan Yamani

0 31

Pesantren Syekh Hasan Yamani

Pesantren Syekh Hasan Yamani dirintis pada tahun 1980 oleh KH. Muh. Said Al-Mahdali (al-marhum) beserta para ulama dan kerjasama antara mayarakat, dan pemerintah di Kec. Campalagian atas wasiat dari Syekh Hasan Yamani (ulama dari Arab Saudi yang pernah bermukim di Campalagian) untuk mendirikan Lembaga Pendidikan Islam. Gagasan untuk mendirikan Pesantren tersebut sebenarnya telah lama dirintis melalui berbagai kegiatan antara lain pengajian rutin dan majlis-majlis ta’lim untuk masyarakat yang dimulai sejak tahun 60-an.

Keberadaannyasebagai lembaga pendidikan yang menerapkan suatu sistem balancing atau dalam istilah lain “AL-MUHAFADZAH ‘ALA AL-QADIM ASH-SHALIH WAL AKHDZU BI AL-JADID AL-ASHLAH” yang artinya “menjaga sistem dan nilai klasik yang baik dan nilai kontemporer yang lebih baik”. Suatu sistem yang integralistik yang memberikan keseimbangan antara kajian ilmu kauniyah dan ilmu diniyah. Di dalam menyelanggarakan pengajaran dan pendidikannya, Pondok Pesantren Syekh Hasan Yamani mengarah dan mengacu pada hal-hal berikut:

1. Kemasyarakatan yaitu dengan pembekalan ilmu dan bekal yang akan dihadapi dan ditemui nantinya dalam masyarakat.
2. Hidup sederhana bukan berarti miskin, dan bukan berarti mendidik santri untuk menjadi miskin. Membiasakan hidup sederhana akan membuat hidup bahagia menghadapi masa depan, penuh optimis, dan tidak ada rasa cemas.
3. Ibadah Thalabul ‘Ilmi sebagai tujuan utama belajar di Pondok, untuk memenuhi perintah Allah swt dan Rasul-Nya.

Source http://www.laduni.id http://www.laduni.id/post/read/44475/pesantren-hasan-yamani-polewali-mandar.htmlhttp://www.laduni.id/post/read/44475/pesantren-hasan-yamani-polewali-mandar.html
Comments
Loading...