Pesantren Raudlatut Thalabah Banyuwangi

0 37

Pesantren Raudlatut Thalabah Banyuwangi

Pondok Pesantren Raudlatut Thalabah atau yang sering disingkat PPRTS terletak di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Jl. Jember No.55 Desa Setail,Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi. Pondok ini didirikan oleh seorang waliyullah K.H Badril Munir pada tahun 1955, dengan tujuan sebagai tempat belajar agama bagi para santri dan santriwati yang datang dari berbagai daerah.Di pesantren putra ada 7 asrama yaitu asrama Al-Irsyad, asrama Al-Azhar, asrama Al-Huda, asrama Al-Hikmah, asrama Al-Falah, asrama Al-Khoiriyah,dan asrama Al-Firdaus.

Sementara di pesantren putri terdapat 3 asrama yaitu asrama Al-Istiqomah, asrama Al-Firdaus, dan asrama Al-Hidayah. Sampai sekarang PPRTS diasuh oleh tiga orang Kyai yaitu K.H Masruhin Aba Hidayat (sebagai pengasuh utama), K.H Abdul Aziz Ikhwan, Kyai Kholili Mansur. Pada masa kepemimpinan beliau pesantren ini mengalami banyak perkembangan terutama dengan didirikannya sekolah formal mulai dari Paud Az Zahra, TK Khadijah 184, SD Islam Raudlatut Thalabah, dan SMP Favorit Darussyafaah.

Pembangunan ini dimaksudkan untuk mengikuti perkembangan zaman karena dari para pengasuh dan alumni berasumsi kalau zaman sekarang pondok pesantren tidak ada sekolah formalnya, kurang diminati oleh masyarakat. Akan tetapi walaupun di pondok ini terdapat sekolah formal, nafas salafy masih tetap hidup dan terjaga sampai sekarang. Terutama di pesantren putra (kecuali asrama Al-Firdaus), santri-santrinya hanya mondok dan diperbolehkan kerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari disamping mendapat kiriman uang dari orang tua.

Sedangkan santri yang mondok sambil sekolah formal ditempatkan di asrama Al-Firdaus yang diasuh oleh Kyai Kholili Mansur. Kegiatan-kegiatan yang ada di pesantren meliputi Sekolah Diniyah (madin siang & madin sore), balahan, sorogan, takror, lalaran, dan pada acara tertentu seperti menjelang Khoul diadakan Bathsul Masail. Pelajaran yang diajarkan antara lain Tauhid, Tafsir, Hadits, Nahwu, Sorof, Balaghoh, Tarekh, dsb.

Source http://www.laduni.id http://www.laduni.id/post/read/36224/pesantren-raudlatut-thalabah-banyuwangi.html
Comments
Loading...