Pesantren Gegempalan Ciamis

0 301

Pesantren Gegempalan Ciamis

Ponpes Gegempalan berasal dari dua kata yaitu gegem yang artinya banyak, dan palan artinya hafal-hafalan. Dengan nama tersebut santri memiliki banyak hafalan dan keunggulan berbagai ilmu pengetahuan. Ponpes Gegempalan, lanjut Saepul, didirikan pada tahun 1927, di dusun Sukajadi Desa Maparah Kec. Panjalu. Pendirinya K.H Zaenal Abidin (Alm), sekaligus sebagai pimpinan, kemudian pada tahun 1949, kepemimpinanya diteruskan oleh KH. Zaenal Arifian, KH Diding Z Badrudin, dan pengasuh ponpesnya K.H Saepul Ujun.

Sistem pendidikan yang diterapkan di ponpes ini adalah dengan sistem klasikal, bandongan dan sorogan. Hal tersebut didasarkan pada tingkat pendidikan formal yang berada di lingkungan pesantren. Namun, pihak pesantren juga tidak membatasi santri yang merasa mampu untuk pindah ke kelas yang lebih tinggi. Kitab yang diajarkan di ponpes tersebut, diantaranya Fikih, yang meliputi Safinah, Fathul Qorib, Sulam Annajat Fathul Mu’in, Kifayatul akhyar, Bajuri, Riyad Badiah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain Kitab Fikih, di para santir juga diajarkan kitab akhlak, Nahwu, Sharaf, Hadits, Balaghoh, Ushul Fikih, tafsir, dan bimbingan tilawatil Quran, serta belajar keterampilan berpidato demi mengasah ilmu yang telah dipelajari serta dalam pengujian mental. Ujun menambahkan, karena kondisi yang semakin maju dan berkembang, akhirnya pada tahun 1952 ponpes gegmpalan melengkapi dengan mendirikan lembaga pendidikan formal yaitu Sekolah Masyarakat Desa (SMD).

Kemudian pada tahun 1961, pihak Ponpes juga mendirikan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Pada tahun 1981, Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan pada tahun 1988, mendirikan Madrasah Aliyah (MA). Bahkan sekarang ini, untuk MTs dan MA ststusnya sudah berubah menjadi Negeri. Ponpes Gegempalan, pengakuan sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas tidak hanya datang dari masyarakat saja, akan tetapi pemerintah pun mengakuinya. Bentuk pengakuan itu diperlihatkan dengan mengubah nama MTs dan MA menjadi sekolah Negeri di Kab. Ciamis.

Source http://www.laduni.id http://www.laduni.id/post/read/45224/pesantren-gegempalan-ciamis.html
Comments
Loading...