Pesantren Bahrul ‘Ulum Pemalang

0 77

Pesantren Bahrul ‘Ulum Pemalang

Pada tahun 1989 berdiri lembaga pendidikan Al Qur’an ( TPQ ) ” ASSALAAMAH ” metode Qiroati yang didirikan oleh Al Mukarram Bpk. KH. Slamet Zaeny dan Ibu Nyai Hajjah Ruqoyah Shona’ah di rumah beliau. Seiring dengan perkembangan laju anak didik yang semakin pesat, akhirnya timbul inisiatif / gagasan untuk membuat suatu wadah pendidikan tersebut berupa sebuah bangunan berlantai dua ( 2 ) yang terletak di jln. Dieng No. 30 Mulyoharjo Pemalang. Tepatnya tanggal 1 Muharram 1432.H / 17 Februari 1992.M Peletakkan batu pertama pembangunan tersebut di Mulai.

Kurang lebih lima ( 5 ) tahun berjalan, lantai pertama telah terselesaikan sekitar 50% dan pada tahun 1997 bangunan gedung TPQ sudah bisa di tempati untuk kegiatan belajar mengajar Taman Pendidikan Al Qur’an.
Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia, mencetak kaderisasi pemuda pemudi muslim yang sadar dan bertanggungjawab atas nilai agama dan cita-cita bangsa yang berhaluan Ahlussunah wal Jama’ah. Akhirnya pada tahun 1999 terbesit dalam lubuk hati untuk mendirikan Pondok Pesantren yang di latar belakangi adanya wali santri yang menitipkan anaknya untuk membina ilmu agama.

 

Dan di bantu oleh menantu Al Mukarram KH. Slamet Zaeny yaitu Ust. ULUL ALBAB ( Alumni Pondok Pesantren Lirboyo – Kediri Jawa Timur ), juga dalam hal itu kemudian mendapat restu dari Al Mukarram Simbah / Eyang KH. MUHYIDIN bin KH. MA’RUF ( Mertua KH. Slamet Zaeny ) dan sekaligus Beliau memberi nama ” BAHRUL ‘ULUM ” dengan harapan mudah-mudahan Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum menjadi Media segala Ilmu yang bisa di timba dan di gali oleh masyarakat secara keseluruhan.

 

Semenjak berdiri, Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum telah menitik beratkan pada pelajaran-pelajaran Qowa’id ( yaitu ilmu Nahwu, Shorof, Tauhid, Akhlaq dll )dengan sistim bandungan, sorogan dan pengajian kilatan. Setelah perkembangan santri semakin pesat, maka pada tahun 2002 didirikanlah Lembaga Madrasah Diniyyah Salafiyah Bahrul ‘Ulum dengan sistem Klasikal Alaa Kurikulum Madrasah Hidayatul Mubtadi’in Lirboyo – Kediri dengan dua jenjang yaitu Madrasah Ibtidaiyah ( Uula ) dan Madrasah Tsanawiyah   ( Wushtho ) yang di pimpin oleh Ust.MT. Ulul Albab dan dibantu oleh Ust. Moch. Mahrus ( Alumni Pondok Pesantren Majalengka ), Ust. Ariful Wathoni  ( Alumni Pondok Pesantren Paculgoang Jombang ), Ust. Deddy Anandiawan ( Putra Bpk KH. Slamet Zaeny juga Alumni Pondok Pesantren Lirboyo-Kediri ), Ust. Mashobih ( Alumni Pondok Pesantren Lirboyo-Kediri ), Ustd. Anissa Vinsa ( Putri Bpk KH. Slamet Zaeny ) dan Ustd. Irma Milati As Shodiqi.
Source http://www.laduni.id http://www.laduni.id/post/read/41473/pesantren-bahrul-ulum-pemalang.html
Comments
Loading...