Pesantren Al Isti’anah Palangitan Pati

0 104

Pesantren Al Isti’anah Palangitan Pati

Pondok Pesantren Al Isti’anah Plangitan Pati Jawa Tengah didirikan pada tanggal 23 Agustus tahun 1993 oleh BRIPTU KH. Nur Rohmat, dibawah naungan dan pengelolaan Yayasan Al Isti’anah Plangitan Pati yang juga dipimpin oleh KH Nur Rohmat. Pesantren Al Isti’anah merupakan lembaga pendidikan agama yang berciri khas pesantren salaf ala ahlissunnah wal jama’ah penerus tali tasbih walisongo di bumi Nusantara dan penerus tali perjuangan para pahlawan bangsa Negara Kesatuan Republik indonesia dengan semboyan “ NKRI HARGA MATI ”.

Sejak berdirinnya pesantren Al Isti’anah sampai sekarang, pesantren tidak hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama klasik (kitab-kitab kuning) saja, tetapi juga mendirikan unit pelatihan-pelatihan kerja (life skill) sebagai bekal dan mempersiapkan pengembangan potensi santri yang sesuai dengan karakteristik, emosional, dan spiritual dalam prospek memposisikan peranya kelak ketika terjun kemasyarakat. Saat ini pelatihan-pelatihan yang ada, diantaranya, unit mebelair/pertukangan kayu, pertukangan batu/bangunan pertanian/perkebunan, bengkel las dan menjahit.

Kegiatan tersebut bertujuan mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan santri untuk bertahan dan meningkatkan kualitas hidup dalam semua lingkungan dengan memanfaatkan sumber-sumber alam yang tersedia. Terbukti banyak alumni santri yang disamping alim ilmu agam juga mampu bersaing dalam bidang usaha dan wirausaha dan juga untuk peningkatan mutu kualitas hidup bermasyarakat yang bermartabat dan terhormat. Itu adalah tujuan pengasuh pesantren, santri harus mampu bertahan hidup yang berkualitas dan mampu menciptakan lapangan kerja bagi orang lain, dan jangan menjadi santri yang hanya mengharap pemberian orang lain ketika diundang pengajian.

Source http://www.laduni.id http://www.laduni.id/post/read/44580/pesanren-al-istianah-palangitan-pati.html
Comments
Loading...