Pesanggrahan Sumberwringin

0 116

Pesanggrahan Sumberwringin

Pesanggrahan Sumberwringin, begitu nama rumah yang jadi base camp pendakian Gunung Raung di Jawa Timur. ‘Aroma’ bangunan Belanda masih tercium kuat, dan konon, rumah ini ada ‘penunggu’nya. Pesanggarahan Sumberwringin terletak di Desa Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Willem sendiri sudah ‘langganan’ menginap di sini. Sebelum masuk dalam bangunan, pria itu mewanti-wanti.

Bangunan itu secara umum terbagi menjadi tiga area. Pertama adalah area belakang, dengan deretan kamar yang digunakan untuk tempat tinggal penjaga rumah dan keluarganya. Ada dua kamar mandi umum beserta satu kamar cuci baju, satu ruang dapur, serta dua kolam ikan besar. Kedua adalah area kamar. Ada lima kamar yang bisa diinapi wisatawan. Kamar-kamar tersebut terhubung oleh sebuah lorong yang di bagian ujungnya mengarah ke ruangan besar setengah lingkaran. Tiap ruangan, entah memang kebetulan atau sengaja dibiarkan begitu, hanya diberi satu lampu dengan pencahayaan remang-remang. Tiap kamar berukuran besar dengan terdapat kasur (single bed atau twin bed) yang bersih dan nyaman. Sebuah lemari, wastafel, dan meja rias juga tersedia di semua kamar. Kamar di Pesanggrahan Sumberwringin.

Source https://travel.kompas.com https://travel.kompas.com/read/2016/05/17/172200727/rumah.belanda.di.kaki.gunung.raung.yang.konon.angker
Comments
Loading...