Pesanggrahan Menumbing Bangka Belitung

0 418

Lokasi Pesanggrahan Menumbing

Pesanggrahan Menumbing terletak di Tanjung, Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung 33351.

Pesanggrahan Menumbing

Pesanggrahan Menumbing dulunya digunakan sebagai lokasi pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta. Tokoh nasional lainnya yang juga sempat diasingkan di wilayah Muntok yakni Agus Salim, Mohammad Roem dan Ali Satroamijoyo.

Para tokoh bangsa ini, saat masa pengasingannya memang tidak ditumpuk di satu lokasi saja. Melainkan disebar di beberapa tempat. Beberapa di antaranya diasingkan bergantian dengan menggunakan lokasi yang sama.

Bangunan yang berada di puncak Bukit Menumbing itu merupakan sebuah bangunan permanen berbahan batu dan semen yang dicat warna putih. Bangunan ini mirip benteng yang menghadap langsung ke Pelabuhan Muntok. Selain bangunan utama serupa benteng, juga terdapat sejumlah bangunan kecil yang berfungsi sebagai gudang dan pos jaga.

Di sekitar benteng terdapat banyak lembah yang curam. Lembah hingga punggungan perbukitan di kawasan ini, masih terjaga kelestariannya. Pepohonan hijau tampak tumbuh lebat tinggi menjulang.

Source http://bangka.tribunnews.com/ http://bangka.tribunnews.com/2016/12/25/pesanggrahan-menumbing-muntok-dari-jejak-cinta-bung-karno-hingga-dua-ular-misterius
Comments
Loading...