Pesanggrahan Langenharjo Sukoharjo

0 666

Lokasi Pesanggrahan Langenharjo

Pesanggrahan ini terletak di Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.

Pesanggrahan Langenharjo

Situs kawasan kerajaan yang dibangun pada tahun 1931 adalah Pesanggrahan Langen Arjan atau yang lebih terkenal dengan nama Pesanggrahan Langenharjo. Namun karena lokasi dan seiring dengan redupnya nama Langenharjo, situs ini seperti tersembunyi dari keramaian kawasan Grogol yang kini tengah berkembang pesat.

Pesanggrahan Langenharjo adalah kawasan yang difungsikan sebagai kawasan rekreasi keluarga kerajaan Keraton Surakarta. Fungsi dari kawasan yang terletak di pinggiran Sungai Bengawan Solo itu juga didapatkan dari arti kata “langenharjo” yang dapat dimaknai sebagai perasaan nyaman dan damai sementara “pesanggrahan” sendiri berarti tempat peristirahatan.

Dari cerita yang ada, dahulu lokasi ini dipercaya sebagai tempat beristirahat Pakubuwono IX setelah berenang mencari ikan di Sungai Bengawan Solo. Fungsi sebagai lokasi peristirahatan juga semakin lengkap dengan adanya sumber mata air panas yang terletak di belakang bangunan Pesanggrahan Langenharjo, Pemandian Air Hangat Langenharjo.

Bangunan-bangunan di pesanggrahan ini bisa dikatakan masih terjaga dengan baik daripada bangunan di lokasi Pemandian Langenharjo. Hanya saja lingkungan pesanggrahan tampak tidak terawat karena rumput dan semak tampak tumbuh tinggi di halaman depan sehingga memunculkan kesan yang seram dan tidak terawat saat memasuki kawasan ini.

Namun kesan tidak terawat itu akan hilang begitu anda menginjakkan kaki di sekitar pendopo pesanggrahan. Pendopo yang masih sering digunakan untuk menggelar tirakatan setiap malam Selasa Legi dan Jum’at Kliwon itu tampak bersih dan terawat.

Source Pesanggrahan Langenharjo Sukoharjo Jawa Tengah
Comments
Loading...