Pesanggrahan Ambarbinangun Bantul

0 109

Lokasi Pesanggrahan Ambarbinangun

Pesanggrahan Ambarbinangun terletak di sebelah selatan Pesanggrahan Sanapakis, yaitu sebelah timur Sungai Bedog. Sekarang termasuk dalam wilayah Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Pesanggrahan Ambarbinangun

Nama Ambarbinangun berasal dari kata “ambar” yang berarti harum dan “binangun” dari kata dasar bangun, arti keseluruhan yaitu suatu tempat yang dibangun dengan cita rasa keharuman dan keasrian. Pesanggrahan tersebut dibangun pada masa Hamengku Buwana VI, yaitu bulan Sya’ban tahun Be 1784 Jw (1855 – 1856 M), ditandai dengan candrasengkala yaitu tirta haslira sabdaning ratu. Maknanya yaitu suatu pembuatan tempat pemandian, petirtaan, dan pesanggrahan atas titah raja.

Daerah tersebut mudah mencari sumber air mengingat lingkungannya yang dekat dengan sungai bedog. Pesanggrahan tersebut kemudian dibangun kembali atau disempurnakan pada masa Hamengku Buwana VII yaitu pada tahun 1850 Jw (1920 M). Pesanggrahan ini difungsikan sebagaimana peruntukannya sampai dengan awal pemerintahan Hamengku Buwana IX. Pada tahun 1940-an Hamengku Buwana IX dengan beberapa pejabat Belanda juga pernah melakukan pesiar ke Pesanggrahan Ambarbinangun.

Keberadaan kompleks pesanggrahan masih dapat dikenali secara baik dan saat ini dialihfungsikan untuk kegiatan pemuda, kepramukaan, dan olahraga. Akan tetapi, di dalam alih fungsi ini ada beberapa pemanfaatan yang merubah karakter ruang. Pertama, pemanfaatan kolam di belakang gadri menjadi ruang pertemuan. Kedua, pembangunan rumah-rumah untuk pondok pemuda yang berada di kawasan dalam pesanggrahan di bagian belakang, sehingga terkesan merubah citra keaslian setting pesanggrahan. Artinya, beberapa bangunan baru yang didirikan di kawasan itu berpotensi merubah otentisitas keberadaan pesanggrahan dan lingkungannya.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/pesanggrahan-era-hamengku-buwana-vi-s-d-hamengku-buwana-viii/
Comments
Loading...