Perigi Putri Tanjungpinang

0 17

Perigi Putri

Perigi Putri merupakan bangunan tempat pemandian kaum wanita. Adapun riwayat pembangunannya tidak diketahui dengan pasti. Di Pulau Penyengat terdapat beberapa perigi sejenis, tetapi hanya Perigi Putri yang bangunannya mempunyai kubah. Kemungkinan bangunan ini dibuat setelah tahun 1803, yaitu setelah Pulau Penyengat dibuka sebagai tempat tinggal (setelah perkawinan Sultan Mahmudsyah III dengan Engku Putri Raja Hamidah). Perigi Puteri merupakan bangunan sumur tua yang dilindungi oleh bangunan berdenah segi empat dengan kubah pada bagian atapnya.

Bangunan ini berfungsi sebagai tempat mandi dan mencuci pakaian para putri raja. Di dalam bangunan ini terdapat sumur yang sekaligus kolam sebagai sumber airnya dan tempat duduk atau mencuci menyerupai kursi panjang dari plesteran semen dengan bagian pegangan tangannya dihiasi ukiran. Bangunan ini tidak mempunyai jendela dan lubang angin dan hanya mempunyai pintu masuk berjumlah satu buah yang terletak di bagian utara, bagian atas yang terbuka tanpa atap berada di bagian selatan tepat di atas sumur. Sampai saat ini sumur yang ada di dalam bangunan ini masih dimanfaatkan oleh penduduk.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Tanjung-Pinang.pdf
Comments
Loading...