Penjara Kalisosok Surabaya

0 605

Lokasi Penjara Kalisosok Surabaya

Penjara ini terletak di Jalan Kasuari No. 7 Kelurahan Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Penjara Kalisosok Surabaya

Penjara Kalisosok ini merupakan warisan dari pemerintahan Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels. Daendels, memerintah Hindia Belanda dalam waktu yang cukup singkat, yaitu dari tahun 1808 sampai tahun 1811, atau sekitar 3,5 tahun. Tapi warisan yang ditinggalkannya baik dalam bidang pemerintahan maupun pembangunan fisik yang dirintisnya mempunyai pengaruh yang sangat besar sampai akhir abad ke-19.

Di Surabaya, Daendels memerintahkan pembangunan benteng Lodewijk (kemudian dibongkar pada tahun 1870), memperbaiki tempat kediaman ‘penguasa Jawa bagian timur’ (Gezaghebber van het Oost Hoek) di kompleks Taman Simpang dengan arsitektur Indische Empire (sekarang dikenal dengan nama Gedung Grahadi), serta memindahkan rumah sakit militer di Kota Bawah (daerah Jembatan Merah) ke daerah Simpang. Selain itu, Daendels juga menganjurkan untuk membangun penjara yang besar dan kokoh.

Seiring perjalanan sang waktu, penjara Kalisosok pun sempat mengalami perubahan nama menjadi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Surabaya, atau yang lebih dikenal dengan Lapas Kalisosok. Sampai akhirnya pada tahun 2000, Lapas ini mulai dikosongkan. Pengosongan ini, konon berkaitan dengan ruislagyang dilakukan oleh pejabat yang berwenang pada waktu itu. Hasil tukar guling antara Kanwil Departemen Kehakiman Jawa Timur dengan PT. Fairco Jaya Dwipa Jakarta, Lapas Kalisosok menempati bangunan Lapas yang di Desa Kebonagung, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo yang telah dibangunkan oleh PT. Fairco Jaya Dwipa di atas lahan seluas 170.000 m², sedangkan tanah dan bekas bangunan Lapas yang berada di Jalan Kasuari menjadi milik PT. Fairco Jaya Dwipa.

Sebuah kejadian yang amat sangat disayangkan! Sebuah bangunan lawas, kuno nan bersejarah yang telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Surabaya Nomor 188.45/251/402.1.04/1996 dengan nomor urut 42 harus tersingkir dari peradaban kota. Akankah? Jawabannya sekarang tergantung kepada political will dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Source Penjara Kalisosok Surabaya Surabaya
Comments
Loading...