Penjara Bung Karno Bandung

0 72

Penjara Bung Karno

Penjara Banceuy berdiri di tengah ramainya Jalan Banceuy, Kota Bandung, di antara ruko-ruko dan gedung perkantoran. Pada awalnya penjara Banceuy terdapat 16 sel tahanan politik di mana masing-masing 8 sel menghadap arah timur dan arah barat.

Di penjara ini, Ir. Soekarno dan beberapa rekannya, yaitu R. Gatot Mangkupraja, Soepriadinata, dan Maskoen mendekam selama satu tahun setelah ditangkap di Yogyakarta atas tuduhan pemberontakan oleh pemerintah Belanda.

Dari sekian banyak sel tahanan yang ada, Ir. Soekarno menempati sel tahanan nomor 5 yang hanya berukuran 1,46 meter x 2,1 meter. Di dalam sel tahanan tersebut tersusun rapi sebuah tikar anyaman, piring dan gelas untuk makan, sebuah buku dan pispot sebagai tempat untuk buang air.

Di ruangan ini pula, Ir. Soekarno menulis pidato pembelaan (pledoi) yang berisi keinginan untuk merebut kembali kekuasaan Indonesia yang kemudian dibacakan saat sidang di Gedung Landraad (kini Gedung Indonesia Menggugat).

Seiring berjalannya waktu, penjara Banceuy pun mulai tergerus zaman. Pada tahun 1983, bangunan penjara ini dirobohkan dan dibangun ruko-ruko bisnis maupun gedung perkantoran. Hanya tersisa satu sel tahanan bekas Ir. Soekarno dan satu menara pengawas saja.

Source https://kumparan.com https://kumparan.com/bandungkiwari/penjara-bung-karno-di-bandung-andalkan-sumbangan-pengunjung-1545134359628848540
Comments
Loading...