Penguburan Ceruk Tangkaboba Sulawesi Tengah

0 98

Lokasi Penguburan Ceruk Tangkaboba

Penguburan Ceruk Tangkaboba terletak ± 2,2 meter dari Ceruk/Gua Latea I dan II. Tepatnya berada dalam lingkungan Kelurahan Sangele, Kecamatan Pamona Pusulemba, Sulawesi Tengah, dengan koordinat LS 1° 45′ 38,28″ – BT 120° 38′ 49,92″ dan ketinggian 554 Mdpl.

Penguburan Ceruk Tangkaboba

Untuk menuju ke lokasi Ceruk Tangkaboba melewati permukiman dan jalan yang sudah di aspal serta dapat dilalui dengan kendaraan beroda 4 (empat) dan beroda 2 (dua), kemudian dilanjutkan dengan melalui jalan pengerasan dengan batu kerikil yang sudah diratakan sepanjang ± 300 meter dari jalan yang sudah teraspal. Jarak antara jalan pengerasan dengan Ceruk Tangkaboba cukup dekat ± 30 meter. Tepat di depan mulut ceruk, terdapat penambangan batu yang bersumber dari bongkahan batu yang terdapat di sekitar bukit Parere.

Penguburan Tangkaboba mulut ceruk menghadap ke arah BaratLaut. Di dalam Ceruk Tangkaboba ditemukan berbagai sebaran arkeologis yang hampir tidak jauh berbeda bentuk dan ukurannya dengan jenis sebaran temuan peti jenazah di ceruk/gua Latea I dan Latea II, yaitu berupa wadah penguburan dari peti jenazah (yumu) yang nampak ditumpukkan di bagian pinggir sisi dinding ceruk dan sebaran fragmen tembikar yang sebagian terdapat di dalam peti jenazah dan permukaan tanah.

Sebaran lainnya berupa tengkorak dari beberapa bagian anatomi tubuh manusia, tengkorak kepala yang semuanya masih utuh, tulang rusuk, tulang belikat, dan tulang femur. Penyimpanan kerangka sekarang ditempatkan diluar peti jenazah yang awalnya tersimpan di dalam peti jenazah kemudian dikeluarkan, dan di tumpukkan dengan tengkorak kepala lainnya dengan membuatkan rak untuk meletakkan tengkorak kepala yang terdapat di tepi dinding tebing ceruk Tangkaboba.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/penguburan-di-ceruk-tangkaboba_kabupaten-poso/
Comments
Loading...