Pengadilan Negeri Makassar

0 179

Lokasi Pengadilan Negeri Makassar

Pengadilan Negeri Makassar terletak di Jalan R.A Kartini No. 18/23, Baru, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90111.

Pengadilan Negeri Makassar

Pada tahun 1602 Belanda mendirikan suatu perserikatan dagang untuk Timur-jauh yang dinamakan VOC (De Vereenigde Oost-Indische Compagnie) dengan tujuannya untuk berniaga, maka melalui VOC tersebut Belanda masuk ke Indonesia. Jan Pieterszoon Coen pada tanggal 30 Mei 1619 berhasil membuat Sultan Banten menyerahkan daerahnya kepada Kompeni.

Pada tanggal 26 Maret 1620 dibuat resolusi yang mengangkat seorang Baljuw sebagai opsir justisi dan kepala kepolisian lalu pada tanggal 24 Juni 1620 dibentuk suatu mejelis pengadilan di bawah pimpinan Baljauw yang dinamakan College van Schepennen disebut schepenbank untuk mengadili segala penduduk kota bangsa apapun kecuali pegawai dan serdadu Kompeni yang akan diadili oleh Ordinaris luyden van den gerechte in het Casteel yang pada 1626 diubah menjadi Ordinaris Raad van Justisie binnen het casteel Batavia, disebut sebagai Raad van Justisie.

Gedung Pengadilan Negeri Makassar berada di sisi alun-alun kota metropolitan kota Makassar yakni lapangan karebosi. Tidak banyak peninggalan arsitektur colonial yang fungsi maupun bentuk arsitekrutnya tidak berubah. Berdasarkan studi kartografis bangunan ini telah ada sebelum 1915. Pada masanya gedung ini dapat dikatakan terbesar dan termegah dan lokasinya sangat strategis. Gedung berukuran 48,40 m x 44,90 m bergaya arsitektur Neo Clasik Eropa campuran, Renaissance dan Romawi.

Source http://catatancalonmenteripertanian.blogspot.co.id/ http://catatancalonmenteripertanian.blogspot.co.id/2013/11/bangunan-tua-sejarah-kota-makassar.html
Comments
Loading...