Pendopo Kecamatan Jatiwangi Jawa Barat

0 42

Pendopo Kecamatan Jatiwangi

Letaknya berada di sisi selatan alun-alun Jatiwangi dengan batas-batas sebagai berikut: sebelah utara berbatasan dengan jalan M. Kuswa Sujana Atmaja, sebelah selatan berbatasan dengan komplek perumahan badan meteorologi Jatiwangi, sebelah barat berbatasan dengan TK Anggrek dan Kantor Dinas Pendidikan Kecamatan Jatiwangi, sebelah timur berbatasan dengan Kantor Kecamatan Jatiwangi. Secara administrative bangunan seluas 15 x 10,80 m dengan luas lahan 66 x 17 m ini masuk dalam wilayah Desa Sutawangi, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka.

Pengamatan terhadap kodisi bangunan ini mendapatkan banyak bagian yang telah mengalami penggantian bahan, namun keaslian denah bangunan masih dapat dipertahankan. Penggantian dengan bahan baru terlihat pada lantai dan atap.

Pendopo berukuran 12 x 12 m beratap genteng dengan model atap berbentuk limasan. Seluruh bagiannya menggunakan rangka kayu. Pagar keliling pendopo yang sekarang ini ada tampaknya merupakan penambahan baru. Dipisahkan oleh selasar terbuka selebar 3 m dan dihubungkan oleh koridor yang diberi atap selebar 5 m, bangunan pendopo terhubung dengan bangunan yang sekarang digunakan sebagai rumah dinas camat, namun tidak dimanfaatkan dan dibiarkan kosong.

Bagian depan rumah dinas berupa serambi yang di kanan dan kirinya terdapat kamar dengan pintu tinggi yang terhubung dengan serambi. Bagian serambi terhubung dengan bagian dalam rumah memalui dua pintu utama model krepyak dengan dua daun pintu. Tiap pintu dilengkapi ventilasi pada bagian atasnya dengan pola hias motif geometris.

Karena bangunan rumah ini tidak dapat dimasuki, maka tidakdapatdiketahui tentang keadaan bagian dalamnya. Hanya dapat diduga bahwa di dalam masih terdapat satu kamar lagi. Hal tersebu diduga dari adanya jendela tinggi model krepyak di bagian kiri belakang rumah dan juga ada dua jendela model yang sama pada bagian belakang. Di bagian kanan bangunan tidak didapati adanya jendela, hanya ada satu pintu yang membuka ke halaman samping.

Pintu samping di bagian belakang dan dua jendela kaca pada sisi samping bangunan adalah bagian dari penambahan-penambahan bangunan baru. Di halaman belakang rumah terdapat sumur yang telah tidak dimanfaatkan dan juga bangunan belakang yang terdiridari dua kamar. Keduanya juga sudah tidak digunakan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/keraton-dan-pendopo-di-provinsi-jawa-barat-4/
Comments
Loading...