Pendopo Kabupaten Sumedang

0 43

Pendopo Kabupaten Sumedang

Bangunan Pendopo Kabupaten Sumedang terletak di Kompleks Pendopo Kabupaten Sumedang. Kompleks ini berada di sebelah selatan alun-alun. Selain Gedung Srimanganti di kompleks ini terdapat bangunan- bangunan tua lainnya, seperti Gedung Bumi Kaler (1850) dan Gedung Gendeng (1850).

Gedung Srimanganti dibangun pada tahun 1706 dan merupakan bangunan permanen tertua di Kota Sumedang. Dibangun oleh Bupati Dalem Adipati Tanumaja yang memindahkan pusat pemerintahan dari Tegal Kalong ke tempat ini. Gedung Srimanganti berdinding tembok, berlantai tinggi dengan permukaan dilapisi tegel, dan pada bagian belakang terdapat tiang-tiang penyangga lantai. Jendela–jendela berukuran besar berbentuk segi empat dan kurva. Pintu-pintu berukuran cukup besar dan beberapa pintu pada bagian atas pintu terdapat ventilasi yang dihiasi motif floral. Unsur lantai yang ditopang tiang-tiang menunjukkan pengaruh budaya lokal, sedang unsur-unsur pada dinding, lantai, jendela, dan pintu beserta hiasan-hiasannya menunjukkan pengaruh budaya Eropa.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/keraton-dan-pendopo-di-provinsi-jawa-barat-4/
Comments
Loading...