Pendopo, Jejak Sejarah Orang Jawa Di Wonomulyo, Polewali Mandar

0 90

Pendopo, Jejak Sejarah Orang Jawa Di Wonomulyo, Polewali Mandar

Pendopo di kecamatan Wonomulyo kab. Polewali mandar menurut sejarahnya dibangun sebelum kolonisasi (transmigrasi zaman belanda-1938) datang ke daerah Wonomulyo selain pendopo dibangun juga sarana lain diantaranya Rumah Jabatan Asisten Wedana (Camat) Selapan-selapan (tempat pertemuan selama tiga puluh lima hari) Bedeng-bedeng (gudang-gudang penyimpanan makanan), bibit dan perkakas pertanian, Poliklinik, Lapangan, Pasar, tanah Lanbau (perkebunan) yang sekarang digunakan sebagai pasar ikan.

Tata ruang wonomulyo sekilas mirip tata ruang di wilayah Jawa bisa kita lihat dengan adanya alun-alun (merupakan suatu lapangan terbuka yang luas dan berumput yang dikelilingi oleh jalan dan dapat digunakan kegiatan masyarakat yang beragam) di depan pendopo kemudian dibangun mesjid besar di samping alun-alun dan juga dibangun pasar di depan alun-alun.

Sebelum terbentuk sebuah pemerintahan adalah wilayah yang diperintah dalam kekuasaan distrik mapilli dan distrik tapango sebagai daerah swapraja. Pendopo dari awal dibangun dan hingga kini masih tetap difungsikan sebagai tempat pertemuan masyarakat, kegiatan perlombaan kesenian dan juga sebagai rumah jabatan kepala kecamatan .

Source http://kompadansamandar.blogspot.com http://kompadansamandar.blogspot.com/2017/03/pendopo-jejak-sejarah-orang-jawa-di-polewali-mandar.html
Comments
Loading...