Pendopo Asli Bupati Pemalang R. Adipati Arya Notonegoro Pemalang

0 306

Lokasi Pendopo Asli Bupati Pemalang R. Adipati Arya Notonegoro

Pendopo Asli Bupati Pemalang R. Adipati Arya Notonegoro terletak di sekitar jalan Surohadikusumo komplek kantor Bupati Pemalang, Jawa Tengah.

Pendopo Asli Bupati Pemalang R. Adipati Arya Notonegoro

pendopo asli peninggalan Bupati Pemalang, Raden Adipati Arya Notonegoro, tahun 1879-1898. Kabupeten Pemalang semasa Bupati Raden Adipati Arya Notonegoro. Bupati yang memiliki nama kecil Pangeran Nolodjojo ini adalah ayah dari Raden Tumenggung Sudoro Suro Adikusumo [Pangeran Nolodjojo].

Meski bangunan ini merupakan Pendopo Bupati asli ketika itu dan merupakan bagian dari sejarah panjang Kabupaten Pemalang, bangunan ini bukan milik Pemda. Tapi masih menjadi milik pribadi keluarga R. Adipati Arya Notonegoro. Namun, karena keterbatasan, kondisi pendopo ini kurang terawat dan sangat memprihatinkan.

Sumber pemilik gedung yang termasuk situs sejarah Pemalang ini menyebutkan, untuk melihat keaslian Pendopo Bupati Pemalang Adipati Arya Notonegoro, dapat dibuktikan dari arsitektur bangunan dan tata ruang bangunannya dengan Pendopo Kabupaten Purbalingga. Di Purbalingga, Bangunan Pendopo Kabupaten masih utuh dan asli sejak jaman dulu.

Sementara, di tembok bagian depan pendopo yang sepintas nampak lebih menggambarkan berupa rumah tua dan kurang terawat itu terpampang tulisan nama R. Ay. Asih Soedargo. Bangunan yang terletak di ujung gang sebelah timur kantor wakil Bupati Pemalang itu dulu dikenal dengan nama dukuh Turen. Entah terkait atau tidak, di kawasan Dukuh Turen sendiri dulu memang banyak pohon turi.

Source http://mediakita5.blogspot.co.id http://mediakita5.blogspot.co.id/2015/08/pendopo-pemalang-sekarang-bukan-asli_9.html
Comments
Loading...