Candi Umbul Magelang

0 186

Candi Umbul

Candi Umbul merupakan salah satu situs purbakkala yang berupa pemandian air panas berada persis di Kabupaten Magelang, yang sudah dibangun sejak zaman dahulu, zaman Wangsa Syailendra dan hingga kini sisa peninggalan masih dijaga dan dilindungi sebagai salah satu tempat wisata favorit keluarga di Kapubaten Magelang.

Sejarah Pemandian Candi Umbul

Asal usul dari nama Candi Umbul berasal dari satu kata “umbul” karena sumber mata air yang keluar dari dasar kolam menyembul seperti gelembung-gelembung atau masyarakat Jawa sebut sebagai “mumbul”. Pemandian Candi Umbul Magelang memiliki dua tempat.

Pertama berada di bagian atas adalah kolam air panas yang memiliki kandungan sulfur sedangkan kolam satu laginya, terletak di bagian yang lebih rendah, isinya air dingin. Secara keseluruhan dinding kolam-kolam tersebut dibuat dari lapisan batu andesit. Dan tahukah Anda, jika zaman dahulu, kolam pemandian ini merupakan tempat mandi dari para putra dan putri bangsawan.

Karakteristik Pemandian Candi Umbul

Sejumlah batuan situs berjejer rapi di tepian kolam dan menggambarkan berbagai relief binatang dan tumbuhan, ada juga stupa di bagian puncak candi. Keberadaan pindasi yang berada di sudut dasar kolam berperan sebagai tiang penyangga maupun tiang pelindung. Dan sedangkan batuan lainnya berbentuk lingga datang adalah alas duduk yang berfungsi untuk bersemadi para ksatria. Dan bila dilihat dari relief serta beberapa petilasan berbentuk lingga dan yoni di titik-titik tertentu, membuktikan jika Candi Umbul adalah candi yang bercorak Hindu.

Source Pemandian candi umbul Jawa Tengah
Comments
Loading...