Pemakaman Pandu Bandung

0 348

Lokasi Pemakaman Pandu

Pemakaman Pandu terletak di Jl. Pandu No. 32, Pamoyanan, Cicendo, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Pemakaman Pandu

Pemakaman Pandu ada sekitar tahun 1932. Waktu itu Bandung mulai memiliki kompleks pemakaman baru untuk orang Eropa atau bahasa Belandanya Nieuwe Europeesche Begraafplaats. Dan kini terus berkembang untuk pemakaman non muslim. Meskipun untuk orang Eropa, namun pemakaman orang Belanda banyak mendominasi tempat ini. Karena itu banyak bentuk dan gaya pemakaman orang Belanda di kawasan pemakaman Pandu.

Diantaranya Makam laci. Disebut laci, karena tempat pemakaman yang bisa ditarik keluar. Ada alat khusus unntuk menarik pemakaman, semacam laci pada meja. Sistem kerjanya dengan baut.Baut ini juga memungkinkan untuk dikerek ulang kalau misalkan mau ditumpuk. Jadi nanti ada besi empat yang buat menarik. Jadi bisa dibuka tutup.

Di pemakanan ini terdapat dua kompleks Makam Laci yang terpisah lokasinya. Masing-masing lokasi memiliki 52 kolom laci yang terbagi dalam barisan memanjang dan bertingkat dua. Nisan-nisan yang terpasang memiliki bentuk yang hampir mirip, umumnya persegi panjang, namun dengan bahan yang berbeda. Mulai dari marmer hingga batu andesit.Kebanyakan nama nama sudah agak kabur. Selain makam laci, juga ada pemakaman yang ditata sedemikian rupa sehingga mempunyai maksud tersendiri.

Makam keluarga Ursone ya letaknya dekat dengan pintu masuk Jalan Pandu, bandung. Makam yang diberi nama Mausoleum Ursone, memiliki sebuah ruangan untuk menyimpan satu atau lebih nisan di dalamnya. Makam yang dimiliki keluarga pengusaha peternakan berkebangsaan Italia, Ursone. Bangunannya berbentuk kuil dengan dua patung malaikat wanita mengapit di pintu masuk. Dan bagian atasnya tertulis ORATE PRO NOBIS yang artinya Doakanlah kami, dan tepat dipintu masuk tettulis FAM Ursone.

Mausoleum Ursone ini pindahan dari kerkhoff Kebon Jahe, dan semuanya ada 8 nama, diantaranya A. C. Ursone v Dijk, A. Ursone, Antonio Domenico De Biasi, Dr. C. G. Ursone, G.M. Ursone, J. A. G. van Dijk, M. G. Ursone, P. A. Ursone. Pada plakat A. C. Ursone v Dijk tertulis – yang artinya lahir pada tanggal 28 April 1881 dan wafat pada tanggal 10 Agustus 1919. Pada plakat Antonio Domenico De Biasi tertera – yang berarti lahir 12 Januari 1883, wafat 26 Desember 1966. Kemudian juga ada Maria Giuseppa Ursone dengan keterangan lahir di Italia 23 April 1839 wafat di Bandoeng 1 September 1897. Makam makam tersebut merupakan bagian sekitar puluhan malam Belanda atau orang Eropa yang ada di Pemakaman Pandu Bandung.

Source http://jalanjalan-ah.blogspot.co.id/ http://jalanjalan-ah.blogspot.co.id/2016/08/sepenggal-sejarah-belanda-di-pemakaman.html
Comments
Loading...