situsbudaya.id

Pemakaman Girigondo Kulonprogo

0 50

Pemakaman Girigondo

Pemakaman yang lokasinya di bukit Girigondo, Temon, Kulonprogo, ini adalah pemakaman khusus untuk para Adipati Paku Alam beserta keluarga dekatnya. Sejarah pemakaman Girigondo dimulai pada tahun 1900, ketika Paku Alam V memerintahkan pembangunannya. Angka tahun ini tertera pada prasasti di pintu gerbang di halaman/teras I. Di pemakaman tersebut sampai saat ini dimakamkan Paku Alam V sampai dengan Paku Alam VIII. Para Adipati Paku Alam sebelum itu masih dimakamkan di Pasareyan Hastana Kitha Ageng di Kotagede.

Seperti telah disebutkan di muka, pemakaman Girigondo berdiri di atas sebuah bukit dan menghadap ke arah selatan. Adapun tata ruang di pemakaman ini mirip dengan pemakaman Imagiri, yaitu di kaki bukit terdapat masjid-makam, dan untuk mencapai puncak bukit tempat pemakaman tokoh-tokoh utamanya, orang harus melalui tangga naik sebanyak 258 buah anak tangga. Keseluruhan pemakaman Girigondo mempunyai enam halaman yang ditata meninggi ke belakang.

Di halaman I, yang paling bawah, dimakamkan beberapa orang kerabat jauh Paku Alaman. Di halaman II belum ada makam, sedang halaman III dan IV juga dipakai untuk memakamkan kerabat. Di halaman V dimakamkan kerabat dekat, dan para tokoh utama, yaitu Paku Alam V-VIII dimakamkan di halaman VI. Makam-makam di Girigondo ditempatkan dalam cungkub-cungkub. Khusus untuk makam para tokoh utamanya selain berada di dalam cungkub, juga masih dinaungi krobongan dari kayu yang dihiasi ukir-ukiran dengan ragam hias sulur-suluran dan geometris.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/pemakaman-girigondo/
Comments
Loading...