Patungan Tugu Front Tanggamus di Buay Sandang Aji OKU Selatan

0 42

Patungan Tugu Front Tanggamus di Buay Sandang Aji OKU Selatan

Di Desa Gunung Terang, Buay Sandang Aji (BSA), Kabupaten OKU Selatan, terdapat sebuah bangunan sejarah yakni Front Tanggamus. Tugu ini dibangun oleh pemerintah setelah Indonesia merdeka sebagai penghargaan kepada para pejuang. Bangunan berbentuk tugu itu lebih dikenal dengan patungan tugu oleh masyarakat sekitar. Pada tugu tersebut terdapat 3 buah patung yang bertemakan pejuang kemerdekaan.

Pada bagian tugu bawah terdapat tulisan tanda tangan pengesahan dari gubernur pada zaman itu yang bertuliskan samar-samar. “MONUMENT”, Kenang-kenangan dan terima kasih rakyat pada para pahlawan yang telah gugur sebagai kesuma bangsa yang telah memperjuangkan tanah air yang diresmikan oleh Gubernur Sumsel.

Pada badan bagian Front Tanggamus terdapat lukisan aktivitas orang-orang dahulu, gambaran pertempuran hari kemerdekaan, gambar pejuang sedang tiarap, maupun gambar pejuang yang telah gugur.

Namun sangat disayangkan, bangunan yang memiliki makna sejarah itu telah melapuk dan sudah tidak terawat. Gambar pada bangunan tersebut kini telah memudar karena sudah lama tak dirawat ataupun dicat ulang. Lampu yang terpasang di atas patung seorang pejuang yang memegang senjata itu sudah tidak ada lagi, hanya menyisahkan kabelnya saja. Sekeliling bangunan juga banyak sampah yang berserakan. Adapun besi pembatas yang dikelilingi dengan rantai sudah lenyap dicuri orang.

Source http://palembang.tribunnews.com http://palembang.tribunnews.com/2017/08/25/patungan-tugu-front-tanggamus-di-buay-sandang-aji-oku-selatan-kini-menangis
Comments
Loading...