Patung Titik Pendaratan Pasukan Batalyon Worang Manado

0 34

Patung Titik Pendaratan Pasukan Batalyon Worang

Ketujuh tentara pada patung ini mewakili sebuah Batalyon yang mendarat di Sulawesi Utara dengan perintah untuk melawan pemberontakan penduduk lokal yang mendukung Belanda pada awal kemerdekaan Indonesia.

Batalyon Worang merupakan salah satu Batalyon dibawah Markas Besar Angkatan Darat yang sebelumnya bernama Batalyon B pada Brigade 16 TNI AD, dibawah pimpinan Mayor Hein Victor Worang (dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal TNI-AD), yang ditugaskan ke Manado untuk mempertahankan keutuhan negara kesatuan RI dari gerakan separatis.

Batalyon Worang terdiri dari 7 kompi, yaitu Kompi Yuus Somba, Utu Lalu, Wim Tenges, Wuisan, Andi Odang, John Ottay, dan Kompi Wim Yoseph (Kompi Markas), dengan Kepala Staf Batalyon Kapten Rory. Pasukan Batalyon Worang berjumlah sekitar 1.100 orang.

Worang lahir di Tontalete pada 12 Maret 1919, dan merupakan putera Minahasa pertama yang menjadi Jenderal TNI AD bintang satu dan bintang dua, yang diperolehnya pada Januari 1965 dan July 1971. Pada tahun 1967 HV. Worang dilantik menjadi Gubernur Sulawesi Utara, dan meninggal dunia pada 1982 dalam usia 63 tahun.

Source https://sitaro.wordpress.com https://sitaro.wordpress.com/2012/05/21/foto-dan-data-sebagian-patung-patung-di-kota-manado/#more-2645
Comments
Loading...