Patung Pangeran Diponegoro Jakarta

0 1.049

Lokasi Patung Pangeran Diponegoro

Patung Pangeran Diponegoro terletak di lapangan Monas, Jakarta Pusat, letaknya di dekat pintu masuk menuju ke dalam bangunan Monas.

Patung Pangeran Diponegoro

Patung Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro yang menunggang seekor kuda berdiri menjulang tinggi dengan gagahnya seakan hendak terbang. Di dekat patung terdapat informasi mengenai Pangeran Diponegoro, tentang riwayat singkat perjuangan Pangeran Diponegoro dalam mengusir penjajah Belanda, hingga beliau wafat karena diasingkan. Patung ini sungguh terlihat gagah.

Patung yang terlihat sangat gagah ini dibuat berdasarkan gagasan bekas Konsul General Italia di Indonesia Dr. Mario Pitta. Dia adalah seorang pengusaha besar Italia yang terkenal sangat mengagumi dan mencintai Indonesia. Selama menjabat sebagai konsul, ia bercita-cita menghadiahkan sesuatu sebagai kenang-kenangan kepada bangsa Indonesia. Keinginan tersebut pada tahun 1963 dinyatakan kepada Dubes RI di Italia yang waktu itu dijabat Hadi Thayeb dan disarankan untuk membuat patung para pahlawan nasional Indonesia, ternyata yang dipilih adalah Pangeran Diponegoro.

Patung Diponegoro dibuat seorang pemahat kenamaan Italia yakni Cobertaldo, yang dikirim langsung oleh Dr. Mario Pitta ke Indonesia. Untuk memulai pekerjaan tersebut, Cobertaldo ditugaskan mengadakan penelitian mengenai berbagai tipe orang Indonesia sambil mempelajari sejarah dan kebudayaan Indonesia. Berhari-hari ia mempelajari berbagai macam posisi kuda yang sering dipakai Diponegoro. Setelah meresapi perjuangannya, dibuatlah patung tersebut, sang pangeran berjubah dan bersorban putih sedang menunggang kuda putih dengan kedua kaki depan diangkat ke atas. Dibuat dengan bahan perunggu dan dikerjakan selama setahun pada 1965 di Italia. Setelah dikirim ke Jakarta, patung tersebut diletakkan di dalam Taman Monas.

Source https://alatpenterjemahjakarta.wordpress.com/ https://alatpenterjemahjakarta.wordpress.com/2015/01/30/monumen-dan-patung-di-jakarta-i/
Comments
Loading...