Patung Little Mermaid di Istana Bogor

0 9

Patung Little Mermaid di Istana Bogor

Patung tersebut adalah salah satu replika dari total 14 replika patung “Little Mermaid” yang ada di dunia. Aslinya terdapat di Kopenhagen Denmark dan merupakan ikon dari negara tersebut.

Pemahat patung aslinya bernama Edvard Eriksen seorang pemahat terkenal Denmark dan juga pernah menjadi dosen di Royal Danish Academy of Fine Arts.

Patung Little Mermaid ini diberikan sebagai hadiah dari Kerajaan Denmark kepada Indonesia di tahun 1958 sebagai simbol persahabatan kedua negara. Ukurannya versi yang di Bogor lebih kecil dibandingkan dengan aslinya.

Patung ini ditempatkan di halaman belakang Istana Bogor di dekat kolam teratai. Pengunjung Kebun Raya Bogor bisa melihat keberadaan patung ini dengan mudah.

Patung Little Mermaid yang asli ditempatkan di pelabuhan kota Kopenhagen di atas sebuah karang menghadap ke laut lepas. Bak seorang duyung yang menahan rindu ingin bertemu orang yang disayangnya.

Edvard Eriksen membuat patung aslinya dari perunggu. Bagian badan dicontoh dari badan istrinya , Eline Eriksen sendiri dan kepalanya meniru kepala seorang balerina bernama Ellen Price.

Awal mulanya Ellen Price , sang balerina adalah menjadi model patung tersebut secara keseluruhan. Hanya karena untuk itu ia harus berpose bugil, sang balerina merasa keberatan. Sebagai pengganti bagian badan ditiru dari tubuh istri sang pematung.

Source http://www.lovelybogor.com http://www.lovelybogor.com/patung-little-mermaid-di-istana-bogor/
Comments
Loading...