Patung I Gusti Ngurah Rai Bali

0 600

Lokasi Patung I Gusti Ngurah Rai

Patung I Gusti Ngurah Rai terletak di Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Patung I Gusti Ngurah Rai

Patung Ngurah Rai Bali berada pada sebuah pertigaan tidak begitu jauh dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Landasan patung Ngurah Rai merupakan rancangan arsitek Ir. Robi Sularto Sastrowardoyo, arsitek senior lulusan Arsitektur ITB 1967, meninggal 30 Juli 2000, terdiri dari tiga teras masing-masing dengan undakan 8, 7 dan 5.

Keberadaan Patung Ngurah Rai menjadi pengingat bagi sosok pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai. Pasukan I Gusti Ngurah Rai melakukan penyerangan Pos NICA di Lampu (Bangli), terlibat dalam pertempuran Bon (Badung), Pemuteran, Pesagi dan Tanah Aron (Karangasem) pada Juni – Juli 1946, dan akhirnya gugur sebagai pahlawan dalam puputan di Desa Marga, Tabanan, pada 20 November 1946.

Lokasi dimana Patung Ngurah Rai berada menjadi tempat berkibarnya bendera merah putih dan bendera negara tamu ketika berlangsung sebuah acara internasional. Patung ini dibuat dengan posisi tubuh menggambarkan gaya khasnya, dengan pembawaan tenang dan berwibawa.

Sosok Patung Ngurah Rai ini merupakan karya pematung Surya Pernawa, sarjana seni rupa ITB kelahiran Singaraja, Bali. Sebagai nara sumber pembuatannya adalah I Gusti Ngurah Pindha, mantan anggota pasukan I Gusti Ngurah Rai. Patung adalah karya seni luhur yang memperkaya jiwa sebuah kota, karena umumnya menjadi simbol sebuah cerita moral atau kisah heroik yang layak diketahui oleh generasi kini dan mendatang.

Source http://www.aroengbinang.com/ http://www.aroengbinang.com/2017/10/patung-ngurah-rai-bali.html
Comments
Loading...