Patung Dada DR. GSSJ Ratulangi Jakarta

0 488

Lokasi Patung Dada DR. GSSJ Ratulangi

Patung dada DR. GSSJ Ratulangi terletak di halaman Gedung KRIS, Jl. Sam Ratulangi, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. 

Patung Dada DR. GSSJ Ratulangi

Patung dada DR. GSSJ Ratulangi ini dibuat untuk mengenang seorang aktivis kemerdekaan Indonesia dari Sulawesi Utara, DR. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi atau lebih dikenal dengan nama Sam Ratulangi.

Lahir di Tondano, Sulawesi Utara, 5 November 1890 dan meninggal di Jakarta, 30 Juni 1949. Telah dinobatkan pemerintah RI sebagai pahlawan nasional Indonesia. Sam Ratulangi juga sering disebut-sebut sebagai tokoh multidimensional. Ia dikenal dengan filsafatnya: “Si tou timou tumou tou” yang artinya: manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia.

Sam Ratulangi memiliki pemikiran-pemikiran yang sangat cemerlang serta brillian. Bahkan kepintarannya di bidang Matematika sudah tidak diragukan lagi. Ia dapat menghitung secara cepat tanpa bantuan alat penghitung (kalkulator). Pendapat-pendapatnya yang brilian sudah pernah mengemuka dan bahkan dibukukan. Tulisannya tersebut berisi tentang betapa pentingnya Indonesia Timur untuk jalur pedagangan di kawasan Asia Pacific. Bahkan peran Indonesia yang akan semakin penting sudah ia ‘ramalkan’ melalui bukunya “Indonesia in de Pacific” (tahun terbit 1937) yang mengulas dan mengupas masalah-masalah politik di seputaran negara-negara Asia yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik.

Source https://alatpenterjemahjakarta.wordpress.com/ https://alatpenterjemahjakarta.wordpress.com/2015/02/13/1089/
Comments
Loading...