Pasar Pleret, Dulunya Dibangun Pabrik Gula Kedaton Pleret

0 65

Pasar Pleret, Dulunya Dibangun Pabrik Gula Kedaton Pleret

Tidak banyak yang menyangka bahwa kawasan sekitar Pasar Pleret dahulu merupakan kompleks Pabrik Gula (PG) Kedaton Pleret milik Pemerintah Belanda. Sisa-sisa bangunan dan peninggalan Pabrik Gula Kedaton Pleret saat ini sudah tidak ditemukan lagi karena penghancuran bangunan pabrik saat Agresi Militer pada tahun 1949 dan perkembangan zaman.

Pabrik Gula (PG) Kedaton Pleret merupakan salah satu pabrik gula yang dibangun pemerintah Belanda menjelang era tahun 1900an hampir bersamaan dengan puluhan pabrik gula lain yang dibangun pemerintah Belanda di pulau Jawa.

Meskipun saat ini sisa-sisa keberadaan Pabrik Gula (PG) Kedaton Pleret tidak ditemukan lagi, kita masih dapat memperkirakan letak dibangunnya pabrik gula tersebut. Kembali menggunakan informasi dari peta kuno peninggalan Pemerintah Belanda yang saat ini masih bisa diakses secara online.

Dari peta disebutkan bahwa letak Pabrik Gula (PG) Kedaton Pleret berada di sekitar Pasar Pleret dan dilewati oleh jalur kereta api Rute Ngabean-Kotagede-Pleret-Pundong milik NIS (Belanda). Keberadaan jalur kereta api milik NIS saat ini telah hilang tidak berbekas karena potongan rel telah dicabut dan diangkut oleh Jepang saat menjajah di Indonesia. Namun kita masih dapat memperkirakan posisi rel kereta api karena gundukan tanah bekas dasar rel kereta api masih ditemukan diantara rerimbunan kebun milik salah seorang warga.

Source https://teamtouring.net https://teamtouring.net/pabrik-gula-kedaton-pleret-bantul.html
Comments
Loading...