Paroki St. Clemens Puruk Cahu

0 70

Paroki St. Clemens Puruk Cahu

Sewaktu terjadi Perang Dunia II, Puruk Cahu adalah tempat beberapa missionaris MSF ditawan oleh Jepang pada taGereja St. Klemens Puruk Cahuhun 1945. Setelah perang dunia II usai dengan teratur umat katolik di Puruk Cahu dikunjungi oleh P. Ant.v.d. Graaf MSF, sampai pertengahan tahun 1950. Sesudah tahun 1950 sangat jarang seorang pastor dari Banjarmasin mengunjungi Puruk Cahu. Pada tahun 1954 stasi Muara Teweh didirikan, namun Puruk Cahu tetap kurang diperhatikan. Bulan Oktober 1955 Pastor Hendrik Timang selama 3 minggu lebih tinggal di daerah Puruk Cahu dan bertemu dengan 10 orang Katolik. P. Timang sempat mengunjungi beberapa kampung diantaranya Muara Laung, Muara Tuhup, Muara Maruei I+II, Batu Bua, Tino Pantai dan Tuhup.

Dari hasil kunjungan tersebut P. Hendrik Timang mengajurkan supaya Puruk Cahu dijadikan stasi. Pada tahun 1957 Puruk Cahu merupakan bagian dari paroki Muara Teweh dan dilayani secara teratur oleh Pastor Y. Zoetebier MSF yang juga dikenal sebagai perintis dalam membuka daerah-daerah baru di sepanjang sungai Barito. Pada waktu itu perjalanan pastoral dari Muara Teweh hanya bisa dilakukan lewat sungai, dan memakan waktu satu hari satu malam. Pada tahun 1966 P. Zoetebier membangun pastoran di Puruk Cahu yang digunakan separuh untuk gereja yang diberkati oleh P. Zoetebier sendiri tgl 31 Desember 1966.

Stanis Wrzesnieski MSF yang telah membantu P. Zoetebier sejak tahun 1972 di Muara Teweh, pindah ke Puruk Cahu. Satu tahun kemudian tepatnya tgl 22 April 1973 stasi Puruk Cahu didirikan secara resmi dan P. Stanis sebagai pastor pertamanya (sejarah paroki Puruk Cahu yang ditulis oleh Mgr. W. Demarteau MSF). Tugas P. Stanis saat itu memang cukup berat. Tugas sebagai perintis dalam membuka daerah-daerah baru yang medannya begitu sulit. Namun tugas tersebut membawa suatu kegembiraan, yaitu pada akhir tahun 1974 umat katolik di Puruk Cahu berjumlah 75 orang dan kampung sekitarnya berjumlah 355 orang dan calon baptis ada 378 orang.

Source http://www.kepraya.org http://www.kepraya.org/paroki-st-clemens-puruk-cahu/
Comments
Loading...