situsbudaya.id

Pagelaran Keraton Yogyakarta

0 46

Pagelaran Keraton Yogyakarta

Pagelaran adalah bangunan terbuka berada di sebelah selatan area terbuka yaitu Alun-alun Utara. Bentuk atap Pagelaran adalah limas memanjang atau klabang nyander berdenah leter “U”. Bangunan megah dengan fasad depan sisi utara tympanum segitiga tersebut ditopang 4 (empat) pilar bulat bercorak adaptif tipe dorik. Fasad sisi selatan berbeda dengan yang utara yaitu dengan tympanum parabola atau setengah lingkaran. Fasad depan kaya dengan ragam hias dekoratif dan candra sengkala memet. Candra memet adalah angka tahun yang disimbolkan dapat berupa benda, gambar, maupun bentuk ragam hias dekoratif.

Di bagian fasad pagelaran sisi utara terdapat sengkalam memet “hewan biawak” dan “lima hewan gana”, hal itu dapat dibaca “panca gana salira tunggal” atau tahun 1856 tahun Jawa. Untuk tahun masehi dapat dibaca di tympanum sisi selatan dengan surya sengkalan memet “empat senjata trisula berada di tengah-tengah untaian bunga”, hal itu dapat dibaca “catur trisula kembang lata” atau tahun 1934 Masehi. Degnan demikian, periode pembuatan bangunan pagelaran adalah oleh Sri Sultan Hamengku Buwana VIII.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/pagelaran-keraton-yogyakarta/
Comments
Loading...