Pabrik Gula Soekowidi Banyuwangi

0 158

Lokasi Pabrik Gula Soekowidi

Pabrik Gula Soekowidi terletak di Banyuwangi, Jawa Timur.

Pabrik Gula Soekowidi

Pabrik Gula (PG) Soeko Widi berada dibawah kepemilikan Cultuur Maatschappy de Maas di Rotterdam dan di Hindia Belanda diwakili oleh Firma Anemaet & Co di Surabaya. PG Soekowidi ini didirikan pada tahun 1895 yang juga merupakan tahun penanaman tebu pertamanya. Pendirian PG ini didasarkan pada beberapa pertimbangan yaitu perkembangan industri gula di Hindia Belanda, perkembangan PG Soekowidi pada 1895-1930 dapat dikatakan cukup baik karena hasil produksi per ha tidak jauh berbeda dengan rata-rata produksi pada PG di grup Sitoebondo.

Pasca depresi ekonomi 1930 dan masa krisis malaise sampai 1937, PG ini mengalami kesulitan untuk bangkit karena harga gula di pasar internasional turun drastis, banyaknya penyakit tebu, dan ditambah lagi dengan kurang cakapnya manajemen kepegawaiannya. Hal ini terus berlangsung sampai 1944 dan pada 1945 PG ini dialihfungsikan menjadi tempat pengintaian sekaligus markas tentara Jepang. Pada era Kolonial di Banyuwangi terdapat tiga pabrik gula yaitu Kabat, Soeko Widi dan Rogodjampi. Pabrik Gula Rogojampi Berdiri Mulai Tahun 1893 Hampir Bersamaan dengan Berdirinya Pabrik Gula Kabat tahun 1891.sedangkan Pabrik gula soeko Widi berdiri Tahun 1895.

Nama Seranite itu dikenal setelah pabrik itu berubah menjadi pabrik hardboard, sebuah pabrik yang menghasilkan lembaran lembaran asbes untuk plafon. Di Banyuwangi Pabrik Gula Soekowidi yang sekarang Lebih Dikenal dengan nama SERANITE.dinamakan SERANITE karena dahulu pernah di jadikan Pabrik Seranit [Sejenis Asbes] hingga nama seranit lebih dikenal sampai saat ini.

Source Pabrik Gula Soekowidi Banyuwangi Jawa Timur
Comments
Loading...