Pabrik Gula Panggungrejo yang Kini Jadi Markas Tentara

0 415

Pabrik Gula Panggungrejo yang Kini Jadi Markas Tentara

Tak banyak mengetahui jika Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang pernah memiliki sebuah pabrik gula yang kini menjadi markas tentara di Desa Panggungrejo. Ya, Pabrik Gula Panggungrejo pernah eksis di masanya, yakni sekitar akhir abad 18 (tahun 1890-an).

Lokasi Pabrik Gula Panggungrejo itu kini berubah menjadi kompleks markas Batalyon Zeni Tempur 5 alias Yonzipur. Lokasinya berada tak jauh dari perempatan di ujung selatan Jalan Panji, Kepanjen.

Di lokasi kompleks markas Yonzipur itu dulu berdiri dengan megah sebuah Suiker Fabrieks (Pabrik Gula) Panggoengredjo. Pabrik gula itu didirikan pada tahun 1898. Pendiri sekaligus pemiliknya adalah NV. Cultuur Misj Panggoengredjo.

Nasib Pabrik Gula Panggungrejo tak ada bedanya dengan Pabrik Gula Sempalwadak yang gagal ‘bertahan hidup’ saat terjadinya Perang Dunia Kedua dalam kurun waktu 1942-1945. Kedua pabrik gula tersebut akhirnya sama-sama hancur tak berbekas rata dengan tanah.

Diputusnya jalur kereta api dari Gondanglegi ke arah Kepanjen pada masa pendudukan penjajah Jepang sejak 1942 juga diyakini sebagai salah satu penyebab matinya pabrik gula tersebut. Seperti diketahui, dulu pabrik-pabrik gula di Malang saling dihubungkan dengan rel kereta api sebagai jalur lewatnya lori yang mengangkut tebu sebagai bahan baku pembuatan gula, serta hasil produksi yang biasa disalurkan ke daerah-daerah lainnya.

Jika bekas Pabrik Gula Panggungrejo menjadi lokasi kompleks markas militer, beda cerita dengan bekas kebun tebu sebagai aset pabrik gula tersebut. Kebun-kebun tebu itu kini masih dikelola oleh Pabrik Gula Krebet dan Kebun Agung, dua pabrik gula yang masih eksis di Malang hingga kini.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2019/06/19/pabrik-gula-panggungrejo-kini-jadi-markas-tentara/
Comments
Loading...