Pabrik Gula Mojo Sragen

0 36

Pabrik Gula Mojo

Pabrik Gula Mojo adalah salah satu pabrik gula yang pernah berdiri di Kabupaten Sragen selain Pabrik Gula Kedungbanteng. Pabrik gula yang terletak di Jalan Kyai Mojo no.1 Sragen Kulon tersebut hingga kini masih aktif memproduksi gula. Bahkan pabrik gula ini adalah salah satu dari tiga pabrik gula yang masih bertahan hingga kini diwilayah Karesidenan Surakarta selain PG Tasikmadu di Karanganyar dan PG Gondang Baru di Klaten.

Pabrik Gula Mojo didirikan pada tahun 1883 oleh perusahaan Hindia Belanda kala itu yang bermarkas di Den Haag Belanda serta di Semarang. Berdasarkan sebuah sertifikat saham pendirian PG Mojo Sragen, diperkirakan biaya investasi pembangunan pabrik gula ini mencapai f 350.000. Tentu angka tersebut merupakan nilai yang besar dimasanya.

Latar belakang pendirian pabrik gula ini adalah karena adanya peraturan tanam paksa pada tahun 1802, yang isinya bahwa rakyat Indonesia harus menyerahkan 1/5 bagian tanahnya untuk ditanami komoditi tertentu dan diantaranya adalah tanaman tebu. Pabrik Gula Mojo memulai proses giling pertamanya pada tahun 1885. Seiring dengan berjalannya waktu, pada tahun 1959 pengelolaan PG Mojo Sragen diambil alih oleh pemerintah dan hingga kini PG Mojo berada dibawah pengelolaan PT Perkebunan Nusantara IX (Persero).

Sebagai upaya menjalankan proses produksinya, PG Mojo dahulu juga memiliki jaringan kereta lori pengangkut tebu yang memiliki panjang jalur (decauville) hingga puluhan kilometer, tersebar diberbagai kebun tebu yang berada dipenjuru Kabupaten Sragen. Jika dilihat dari peta lawas Kabupaten Sragen, jalur lori (decauville) PG Mojo tersebar hingga ke daerah: Tangkil, Pilangsari, Karangmalang, Bangak, Cumpleng, Terik, Sidoarjo, Bahkan hingga ke Kecamatan Masaran.

Seiring dengan majunya teknologi transportasi, angkutan lori milik PG Mojopun akhirnya tergantikan dengan angkutan truk. Jalur-jalur lori dari pabrik gula hingga keladang banyak yang dicabut dan ditimbun serta berganti menjadi kawasan pemukiman penduduk. Dibeberapa titik bekas jalur maupun jembatan lori milik PG Mojo masih bisa dijumpai namun dengan kondisi yang memprihatinkan.

Source http://blusukanpabrikgula.blogspot.com http://blusukanpabrikgula.blogspot.com/2015/12/pabrik-gula-mojo.html
Comments
Loading...