Pabrik Gula Kedung Banteng Sragen

0 84

Pabrik Gula Kedung Banteng

Pabrik Gula Kedung Banteng adalah salah satu pabrik gula yang pernah berdiri di Kabupaten Sragen selain Pabrik Gula Modjo. Pabrik ini terletak di Kecamatan Gondang Sragen. Tidak banyak catatan sejarah mengenai pabrik gula ini.

Menurut sebuah referensi yang bersumber dari warga sekitar, pabrik gula tersebut dibangun dikisaran tahun 1880-an. Operasional pabrik gula ini tidaklah lama. Hal ini dikarenakan lokasi bangunan pabrik yang tidak sesuai dengan rencana awal pembangunannya.

Pada mulanya pabrik tersebut direncanakan dibangun disebelah selatan jalur kereta api milik Staat Spoorwegen (SS) karena melimpahnya jumlah air disana. Namun pada kenyataannya pemborong pabrik justru membangun pabrik disebelah utara jalur kereta milik SS.

Tak banyak yang tersisa dari Pabrik Gula Kedungbanteng. Bangunan utama pabrik sendiri telah dirubuhkan oleh warga sekitar atas inisiatif masyarakat. Kini yang tersisa hanyalah bekas rumah pegawai pabrik dan rumah administrateur PG Kedungbanteng.

Disisi timur pabrik berdiri sebuah stasiun kecil (halte) bernama Stasiun Kedungbanteng. Pada masanya stasiun tersebut digunakan untuk mendistribusikan tetes tebu yang dihasilkan oleh PG Kedungbanteng.

Di daerah Ngrampal Sragen masih bisa dijumpai bekas jembatan lori peninggalan PG Kedungbanteng yang kini masih dimanfaatkan warga sebagai jembatan penyeberangan. Dulu masyarakat disekitar menyebut pabrik gula ini dengan nama Sido Wurung.

Source http://indonesiaheritagegallery.blogspot.com http://indonesiaheritagegallery.blogspot.com/2015/11/suiker-fabriek-pabrik-gulakedungbanteng.html
Comments
Loading...