Pabrik Citronella Bagian Utama Rumah Atsiri

0 41

Pabrik Citronella Bagian Utama Rumah Atsiri

Jejak sejarah di lokasi yang berada di Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini begitu nyata di depan mata.

Sebuah jejak keberadaan pabrik pengolahan minyak atsiri yang diberi nama Citronella Bangunan kokoh yang konon dibangun sejak tahun 1963 itu sempat menjadi mimpi besar agar dapat memberi kesejahteraan warga disekitar kawasan tersebut era Soekarno. Sayang, kandas akibat gejolak politik tahun 1966. Dan kini sisa-sisa peninggalan sejarah pabrik citronella memasuki babak baru.

Proses Akuisisi oleh pemilik PT Rumah Rempah menjadikan areal bangunan bersejarah itu mengalami penyegaran dengan nama baru yakni PT Atsiri Indonesia sejak tahun 2015 lalu. Cita-cita untuk membumikan atsiri di kawasan Tawangmangu itupun kembali menggeliat. Hampir 3 tahun berlalu, rumah atsiri terus berbenah.

Penataan kawasan wisata terpadu dirancang dan direncanakan sedemikian komperehensif. Tak hanya mengedepankan unsur kesejarahan melalui eksplorasi jejak citronella dalam perwujudan museum, rumah Atsiri akan mewujudkan konsep wisata edukasi menjadi salah satu wisata andalan yang di tawarkan.

Source https://www.kompasiana.com https://www.kompasiana.com/tamita_wibisono/5bcb895f677ffb69d770b875/suatu-hari-di-rumah-atsiri?page=all
Comments
Loading...