Pabrik Ban Goodyear

0 16

Pabrik Ban Goodyear

Pabrik Ban Goodyear Indonesia adalah pabrik ban pertama di Nusantara ini. Pabrik penghasil sang roda karet ini berdiri di tahun 1935 pada masa pendudukan Belanda di Indonesia. Pabrik ini merupaka pelopor industri ban di Indonesia. Pabrik Ban Goodyear awal mulanya merupakan cabang dari perusahaan induknya di Amerika Serikat, yaitu perusahaan produsen ban terbesar ke-3 di dunia, yaitu Good Year Tire and Rubber Co.

PT Goodyear Indonesia selaku pemilik kawasan pabrik ini juga merupakan salah satu perusahaan yang pertama kali terdaftar di Bursa Efek Jakarta.

Pabrik ini berdiri di atas lahan seluas 172,000 persegi di jalan yang dulunya bernama Tjilebut Weg dan pada awal berdirinya sanggup memproduksi kurang lebih 180,000 buah ban mobil dan truk setiap tahunnya. Saat ini Pabrik Ban Goodyear mampu memproduksi lebih dari 2.2 juta unit ban untuk berbagai jenis kendaraan setiap tahunnya.

Hasil produksi Pabrik ban Goodyear dijual ke 52 negara di dunia. Sebuah wilayah cakupan penjualan yang sangat luas. Ban-ban keluaran pabrik ini dipakai oleh berbagai jenis merek mobil, seperti Toyota, Audi dan lain sebagainya.

Goodyear Indonesia juga berkontribusi dalam pendirian PT Intirub yang merupakan produsen ban asli Indonesia.

Source http://www.lovelybogor.com http://www.lovelybogor.com/pabrik-ban-goodyear-menjadi-cagar-budaya/
Comments
Loading...