Open Pit Kik Karak Belitung

0 50

Open Pit Kik Karak

Open pit merupakan peninggalan pertambangan timah Kabupaten Belitung Timur yang sudah tidak beroperasi lagi sejak awal decade 1990an. Terletak di Bukit Ki Karak, Desa Senyubuk Kelapa Kampit, sekitar 60 kilometer dari Tanjung Pandan, atau sekitar 30 kilometer dari Kota manggar, ibukota Belitung Timur. Open pit sebenarnya bukan area yang ditujukan untuk berwisata. Area ini menjadi daya tarik baru karena keunikannya dan pemandangannya yang disukai oleh fotografer landscape maupun fotografer pernikahan.

Open pit menjadi unik karena kawasan yang dulunya merupakan area tambang timah ini merupakan tambang dalam, bukan tambang semprot seperti kebanyakan tambang timah di Bangka Belitung. Di area Open pit ini terdapat sebuah danau besar yang letaknya dalam cekungan raksasa, serta gua beks penambangan.

Danau di Open pit ini tidak terlihat dasarnya.Pantulan airnya berwarna hijau turquois. Dikelilingi oleh batuan cadas yang telah ditambang sehingga memberi tekstur yang luar biasa, kawasan ini menjadi unik dan sering menjadi lokasi pengambilan photo pre-wedding.

Untuk menuju Open Pit memang diperlukan lebih banyak energi dan sedikit jiwa bertualang, karena lokasi tersebut belum bisa dilalui kendaraan penumpang biasa dan jalan setapak yang dilalui cenderung menanjak. Meskipun demikian, bagi penggemar hiking, ada pemandangan asyik yang bisa dinikmati, yaitu tanaman-tanaman hutan seperti pakis-pakisan, kramunting, anggrek hutan dan kantong semar yang langka.

Tidak jauh dari area Open pit, terdapat peninggalan bersejarah lainnya, yaitu Stoven, menara yang sebenarnya berfungsi sebagai tungku smelter timah. Stoven di Ki Karak dibangun pada tahun 1925. Sekarang, tentu saja Stoven tidak lagi beroperasi.

Source http://visitbangkabelitung.com http://visitbangkabelitung.com/content/open-pit-kik-karak
Comments
Loading...