Ngejaman Yogyakarta

0 135

Lokasi Ngejaman Yogyakarta

Tugu Jam terletak di Jl. Margo Mulyo No.9, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122.

Ngejaman Yogyakarta

Ngejaman Yogyakarta Tanda Waktu Zaman Dahulu dari kraton yogya – di yogya ada satu jam yang sangat terkenal di Yogyakarta yakni Ngejaman Yogyakarta atau Tugu Jam yang terletak di pertigaan depan Gereja BPIB Marga Mulya Jl Margamulya (Malioboro bagian selatan) . Jam ini dibuat tahun 1936. Ngejaman Yogyakarta dulu juga sering disebut Jam Keraton, mungkin karena berasal dari keraton. Sejak awal dipasang di tempat tersebut hingga kini jam yang terkenal dengan sebutan Ngejaman Yogyakarta itu menjadi salah satu penunjuk waktu yang diandalkan banyak orang, terutama orang-orang yang beraktivitas sekitar di tempat itu.

Dulu jam ini pernah mengalami beberapa kendala baik mati maupun rendet (jarum bergerak sangat lamban). Dudukan jam ini memiliki ketinggian sekitar 1,5 meter dari permukaan jalan. Diameter jam kurang lebih 45 cm. Jam ini digerakkan oleh daya listrik dari kabel yang berada di atasnya. Dulu jam ini digerakkan oleh sistem pegas yang harus diputar setiap waktu tertentu. Petugas untuk memutar pegas itu dulu adalah salah satu abdi dalem keraton. Kini jam tersebut cukup digerakkan secara otomatis oleh daya listrik.

Sejarah Ngejaman Yogyakarta

Saat zaman penjajahan Jepang, dijadikan kediaman resmi Koochi Zimmukyoku Tyookan, penguasa Jepang di Kota Yogya. Dari 1946 hingga 1949, gedung yang di zaman Belanda oleh masyarakat disebut Loji Kebon karena memiliki taman yang luas ini menjadi tempat kediaman resmi Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia pertama, saat Kota Yogya menjadi ibukota Republik Indonesia.

Kini, Gedung Agung merupakan salah satu Istana Presiden Republik Indonesia yang berada di luar Kota Jakarta. Gedung Agung ini merupakan bangunan yang sarat nilai sejarah, karena menjadi saksi berbagai peristiwa penting di Yogyakarta.

Dekat Ngejaman Yogyakarta, ada Benteng Vredeburg yang letaknya tepat di depan Gedung Agung. Ngejaman Yogyakarta Bangunan ini menjadi markas tentara pada zaman kolonial Belanda ini. Sekarang beralih fungsi menjadi museum bernama Museum Benteng Vredeburg. Benteng ini dibangun Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1760 atas permintaan orang-orang Belanda.

Source Ngejaman Yogyakarta Jawa Barat
Comments
Loading...