Museum Wayang Sasana Guna Rasa Magelang

0 53

Lokasi Museum Wayang Sasana Guna Rasa

Museum Wayang Sasana Guna Rasa terletak di Komplek Pondok Tingal desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang atau sekitar 500 meter sebelah timur Candi Borobudur.

Museum Wayang Sasana Guna Rasa

Dengan menempati tempat seluar 1.500 meter persegi, museum tersebut dirintis pembangunannya yang menjadi satu bagian dari komplek pondok tingal oleh mantan menteri penerangan pada tahun 1968 hingga tahun 1973 yakni Alrmahum Bp. R. Boediharjo.

Koleksi wayang yang ada di museum ini mencapai 12 kotak terdiri dari wayang yang terbuat dari kulit, kayu, bamboo serta batu. Selain itu juga terdapat lukisan kaca tentang tokoh dunia pewayangan, topeng kayu dan seperangkat gamelan baik slendro maupun pelog. Dan juga buku tentang wayang dengan berbagai bahasa sebanyak 694 judul, kaset rekaman wayang yang diambil dari tahun 1971 hingga 1994 sebanyak 81 buah serta rekaman video pagelaran wayang sejak tahun 1980 hingga tahun 1990 sebanyak 59 buah. Museum Sasan Guna Rasa tersebut juga menyimpan Wayang kedu yang dibuat pada tahun 1880.

Koleksi museum ini pun semakin bertambah dengan beberapa naskah lakon wayang dari para para dalang yang sengaja dikumpulkan setelah pementasan pagelaran yang diadakan rutin didalam komplek Pondok tingal tersebut di Jl. Balaputera Dewa, Kecamatan Borobudur setiap bulannya yakni setiap sabtu minggu keempat.

Wayang menjadi bagian koleksi Museum Sasana Guna Rasa ini berasal dari berbagai daerah dan bahkan sebagain dari luar negeri. museum wayangBerberapa daerah tersebut antara lain Jawa, Cirebon, Bali, dan Lombok sedangkan dari luar negeri berasal dari China, Khamboja dan Turki.

Pengelolaan museum hingga saat ini masih ditangani secara mandiri oleh keluarga Almarhum R. Boediharjo, namun demikian pihak pemerintah kabupaten magelang turut mempromosikan keberadaan museum ini agar lebih dikenal oleh semua masyarakat. Karena dengan adanya museum wayang tersebut diharapkan sebagai sarana pendidikan budi pekerti bagai siswa siswi sekolah dan juga sebagai bahan penelitian seni budaya bagi kalangan akademisi dan juga sebagai satu sarana pelestarian wayang dengan cara pementasan wayang secara berkala dengan menampilkan dalang dalang muda.

Source Museum Wayang Sasana Guna Rasa Magelang Magelang
Comments
Loading...