Museum Wangsit Mandala Siliwangi Bandung

0 184

Lokasi Museum Wangsit Mandala Siliwangi

Museum Wangsit Mandala Siliwangi terletak di Jl. Lembong No.38, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111.

Museum Wangsit Mandala Siliwangi

Museum Wangsit Mandala Siliwangi adalah museum militer yang berada di Kota Bandung. Siliwangi merupakan nama komando daerah militer TNI-AD di Jawa Barat dan Banten yang namanya diambil dari raja dari Kerajaan Sunda yang beribukota di Pakuan Pajajaran yang kekuasaanya konon tak terbatas, juga arif dan bijaksana serta wibawa dalam menjalankan roda pemerintahan. Sedangkan arti Mandala Wangsit merupakan sebuah tempat untuk menyimpan amanat, petuah atau nasihat dari pejuang masa lalu kepada generasi penerus melalu benda-benda yang ditinggalkannya. Museum ini diresmikan oleh panglima divisi Siliwangi Kolonel Ibrahim Adjie pada tanggal 23 Mei 1966.

Museum ini berlokasi di Jalan Lembong, kecamatan Sumurbandung. Jalan ini diambil dari nama Letkol Lembong, salah satu prajurit Siliwangi yang menjadi korban dalam Peristiwa Kudeta Angkatan Perang Ratu Adil. Sebelumnya jalan itu bernama Oude Hospitaalweg.

Sejarah Museum Wangsit Mandala Siliwangi

Bangunan Museum Wangsit Mandala Siliwangi yang memiliki gaya arsitektur Romantisisme akhir ini dibangun di era kolonial Belanda antara tahun 1910-1915 sebagai tempat tinggal para perwira Belanda. Setelah Jepang menduduki Indonesia di tahun 1942, bangunan ini dijadikan markas untuk sembunyi dari pihak Jepang. Setelah kemerdekaan, bangunan ini diambil alih oleh pasukan Siliwangi dan digunakan sebagai markas Divisi Siliwangi (Akademi Militer Bandung) pada tahun 1949-1950.

Bangunan ini berdiri di atas tanah seluas 4.176 m2 dengan luas bangunan 1.674 m2. Pada tanggal 23 Mei 1966 bangunan ini beralih fungsi menjadi Museum yang diresmikan oleh panglima divisi Siliwangi ke-8 yaitu Kolonel Ibrahim Adjie. Lalu tahun 1979 gedung ini direhabilitasi kembali menjadi gedung bertingkat dua, kemudian diresmikan penggunaannya di tanggal 10 November 1980 oleh Pangdam Siliwangi ke-15, Mayjen Yoga Sugama dan dengan penandatangannan prasasti oleh Presiden Soeharto.

Source Museum Wangsit Mandala Siliwangi Bandung Jawa Barat
Comments
Loading...