Museum UPH Banten

0 124

Lokasi Museum UPH

Museum UPH terletak di Menara Matahari lantai 3, Jl. Boulevard Palem Raya No. 7, Lippo Village, Tangerang, Banten 15810.

Museum UPH

Museum Universitas Pelita Harapan adalah pusat studi seni rupa yang berlokasi di Tangerang Lippo Village. Sebagai bagian dari Universitas Pelita Harapan, museum dimaksudkan untuk mengisi kebutuhan lembaga pendidikan di bidang seni rupa Indonesia yang sedang berkembang pesat saat ini.

Museum UPH (MUPH) dimulai pada tahun 1993 dengan mengoleksi beberapa karya seni rupa. Sampai sekarang, MUPH yang berlokasi di Gedung Menara Matahari lantai 3, mengakomodasi 880 lukisan dengan komposisi yang seimbang antara karya-karya pelukis, dimulai dari Raden Saleh, sekelompok pelukis yang disebut Mooi Indie didominasi oleh pelukis Eropa yang tinggal di Indonesia selama penjajahan Belanda, pelukis Persagi Group, seniman Indonesia modern, sampai karya akhir kontemporer. Sayangnya, karena keterbatasan ruang, galeri museum hanya bisa menampilkan karya 35-40 lukisan.

MUPH juga memiliki perpustakaan yang berisi buku referensi karya seni Indonesia dan seni Internasional maupun katalog pameran dan pelelangan dengan total 2700 buku dan catalog. Literatur ini adalah alat penelitian yang sangat baik.

Sejak tahun 1997, MUPH telah tampil dalam banyak pameran tunggal dan kelompok. Pameran pertama dengan judul “From Mooi-Indie to Persagi” diadakan pada Bulan September hingga Desember 1997di Museum Seni Rupa Indonesia. Pameran “The Optimist: Sudjojono” diadakan di Universitas Pelita Harapan pada bulan Mei 1998 untuk mendukung dan merayakan open house universitas. Pameran umum disambut hangat oleh pecinta seni di seluruh Indonesia.

Source https://www.uph.edu/id/ https://www.uph.edu/id/galeri/fasilitas/museum-uph.html
Comments
Loading...