Museum TNI Loka Jaya Crana Surabaya

0 15

Museum TNI Loka Jaya Crana

Museum TNI Loka Jaya Crana berlokasi di morokrembangan surabaya, di lingkungan pusat pendidikan Angkatan Laut atau Akademi Angkatan Laut (AAL), yang di kenal dengan sebutan Bumimoro.

Pada mulanya museum ini bernama Museum Akabri Bagian Laut yang didirikan pada tanggal 19 september 1969 dan diresmikan oleh Ibu R Mulyadi istri panglima Angkatan Laut, Laksamana R Mulyadi. Museum ini sebagai media pembelajaran sejarah. Seiringan dengan perjalanan waktu, pada tanggal 10 juli 1973 museum berganti nama menjadi Museum TNI AL, lalu pada tanggal 6 Oktober 1979 namanya berubah lagi menjadi Loka Jala Crana.

Loka Jala Crana sendiri memiliki arti tempat menyimpan, mengabadikan dan menyajikan peralatan atau sarana yang dipergunakan oleh TNI Angkatan Laut. Sesuai dengan namanya museum ini memiliki koleksi benda-benda bersejarah yang perna dan dipergunakan TNI Angkatan laut semasa revolusi fisik.

Koleksi museum diantaranyanya; koleksi (replika) kapal, pesawat, kendaraan tempur dan kendaraan pasukan, senjata mulai dari senjata pistol kuno berbentuk laras panjang otomatis yang tidak mungkin di temukan ditempat lain, amunisi, kaporlap, tanda-tanda jasa dan kehormatan, lambang-lambang dan bendera, koleksi dokumen.

Selain koleksi benda-benda bersejarah, di komplek museum terdapat Gedung Planetarium, untuk melihat dan mengetahui gambran tata surya di angkasa raya. Planetarium ini merupakan fasilitas belajar bagi kadet melakukan praktek pelayaran di laut. Dan terdapat pula 3 monumen, Monumen Pahlawan Usman-Harun, serta monumen pendidikan Perwira.

Source https://pesonawisatasurabaya.wordpress.com https://pesonawisatasurabaya.wordpress.com/2014/12/09/museum-tni-loka-jaya-crana/
Comments
Loading...