Museum Tekstil Jakarta

0 379

Lokasi Museum Tekstil Jakarta

Museum ini terletak di Jalan Aipda Karel Sasuit Tubun No. 2-4 Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta.

Museum Tekstil Jakarta

Museum Tekstil Jakarta ini menempati bangunan tua bergaya kolonial. Gedung ini dibangun pada abad ke-19, yang awalnya adalah sebagai Landhuis (villa) milik orang Perancis yang tinggal di Batavia. Kemudian dibeli oleh Abdul Aziz Mussawi Alkatiri, Konsul Turki di Batavia. Lalu pada tahun 1942, bangunan ini dijual lagi kepada Dr. Karel Christian Crucg. Pada masa revolusi fisik tahun 1945, gedung ini digunakan sebagai Markas Besar Barisan Keamanan Rakyat (BKR). Tahun 1947, kepemilikan gedung ini beralih ke Lie Sion Pin, dan olehnya dikontrakkan kepada Departemen Sosial RI untuk menampung orang-orang jompo, dan sejak tahun 1952, gedung ini dibeli oleh Departemen Sosial RI.

Tahun 1972 gedung ini ditetapkan sebagai bangunan bersejarah yang dilindungi oleh Undang-Undang Monumen (Monumenten Ordonantie) Stbl. 1931 No. 238, dan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta No. CB 11/1/12/72 Tanggal 10 Januari 1972. Kemudian pada tanggal 25 Oktober 1975, bangunan dengan arsitektur bergaya art craft ini diserahkan oleh Departemen Sosial RI kepada Pemerintah Daerah DKI Jakarta untuk bangunan museum, yang kemudian pada tanggal 28 Juni 1976 diresmikan sebagai Gedung Museum Tekstil Jakarta oleh Ibu Tien Soeharto.

Koleksi Museum Tekstil Jakarta

Keberadaan Museum Tekstil Jakarta ini didasari pada keinginan untuk mengoleksi dan memperkenalkan aneka ragam tekstil tradisional Indonesia, yang merupakan salah satu negara terbesar penghasil tekstil tradisional. Museum Tekstil Jakarta ini secara khusus menangani pengumpulan, pengawetan dan pameran, serta mengembangkan konsep edukatif-rekreatif.

Fasilitas Museum Tekstil Jakarta

Gedung Utama Pameran sebagai Ruang Display, Galeri Batik, Taman Pewarna Alam, Pendopo Kreativitas, Ruang Penyimpanan dan Perawatan Koleksi, Perpustakaan, Auditorium, Toko Cinderamata, mushola serta lahan parkir yang luas.

Source Museum Tekstil Jakarta Jakarta
Comments
Loading...