Museum Tanjung Pura, Gedung Sejarah Melayu Yang Dilupakan

0 52

Museum Tanjung Pura, Gedung Sejarah Melayu Yang Dilupakan

Tepat di Jalan Agus Salim, Kelurahan Pekan Tanjung Pura, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, berdiri sebuah gedung tua. Pada tahun 90-an, gedung yang mirip dengan masjid karena terdapat sebuah kubah ini memiliki nilai sejarah tersendiri.
Sayang, kini gedung yang masuk dalam lokasi cagar budaya ini ditelantarkan. Lokasi dipenuhi dengan semak belukar dan terlihat kusam tanpa ada perawatan. Bahkan ada beberapa bangunan terlihat rusak dimakan rayap.
“Kalau nggak salah, gedung ini dibangun pada tahun 1905. Dan sebelum dijadikan museum, areal dijadikan sebagai pengadilan dan perapatan (gedung pembantu Bupati),” terang Amat, salah seorang penjaga musium saat dihampiri membuka pembicaraan.
Dirinya selaku penjaga juga menyayangkan dengan disiasiakannya gedung yang memiliki nilai sejarah tinggi ini. Dimana seharunya, Pemkab Langkat khususnya Dinas Pariwisata mampu mengelola lokasi ini. “Inilah bang kami gak tahu, kenapa disia-siakan seperti ini. Dulu ada sekitar enam orang yang menjaga. Kini tinggal saya sendiri dan dulu juga ada anggaran yang dikucurkan. Tapi entah kenapa kok dibiarkan hancur seperti ini,” celoteh dia.
Dirinya juga mengutarakan, pada zamannya gedung sangat terawat dan terjaga. Namun kini gedung dibiarkan begitu saja tanpa adanya perawatan. “Sangat disayangkan bang. Kenapa harus dibiarkan begitu saja,” ungkap dia.
Hal senada juga disampaikan Adim, selaku warga sekitar yang menyayangkan tidak keperdulian Pemkab khususnya dinas terkait. Karena menurutnya, suatu bangsa harus menghargai jasa para pahlawan dan sejarah.
“Seharusnya gedung bersejarah ini bisa diwariskan kepada generasi penerus. Karena dulu disini merupakan tempat awal pemerintahan Kabupaten Langkat atau kesultanan Langkat,” sebut Adim.
Dirinyapun berharap, agar ke depannya pemerintah setempat dapat merawat kembali gedung ini. Sehingga bisa menjadi kenang-kenangan dan menjadi daya tarik sendiri seperti masjid azizi yang berada tepat diseberang gedung.
Source http://beritasumut.com http://beritasumut.com/wisata/Museum-Tanjung-Pura--Gedung-Sejarah-Melayu-Yang-Dilupakan
Comments
Loading...