Museum Tanah Bogor

0 263

Lokasi Museum Tanah Bogor

Museum Tanah Bogor terletak di Jl. Ir H. Juanda no. 98 Bogor.

Museum Tanah Bogor

Museum Tanah Bogor didirikan pada 29 September 1988, dan merupakan tempat penyimpanan jenis contoh tanah dari seluruh wilayah penting di Indonesia yang dipajang dalam ukuran kecil dalam bentuk makromonolit. Di museum ini juga terdapat contoh berbagai batuan, pupuk, perangkat uji tanah, peta-peta, maket, dan alat survei tanah.

Salah satu pajangan di Museum Tanah Bogor menunjukkan bagaimana proses dilakukannya pengambilan Makromonolit di lapangan. Makromonolit adalah merupakan irisan tegak dari penampang tanah utuh yang diambil contohnya dan kemudian diawetkan sebagai bahan penelitian dan dokumentasi. Makromonolit biasanya dibuat dengan ukuran standar 150 x 25 x 4 cm.

Ruangan Museum Tanah Bogor berbentuk memanjang tanpa penyekat dan terlihat sederhana, dengan sebagian koleksi menempel pada dinding, dan sebagian lagi mengisi bagian tengah ruangan. Saya berjalan berkeliling sendirian di ruangan ini sambil mengamati sejumlah koleksi yang baru pertama kali saya lihat. Museum ini memang sangat spesifik koleksinya.

Salah satu koleksi Museum Tanah Bogor berupa makromonolit tanah yang berasal dari sebuah lokasi di Desa Pagak, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Informasi teknis secara terperinci disajikan pada poster ini, serta ada pula foto saat pengambilan contoh di lokasi. Di bagian bawah poster juga disajikan informasi teknis dalam bahasa Inggris.

Di dekatnya ada pula koleksi makromonolit tanah yang diambil contohnya paska terjadinya bencana tsunami hebat yang melanda Nanggroe Aceh Darussalam pada Desember 2004. Makromonolit yang disimpan di Museum Tanah Bogor itu diambil pada tahun 2005, atau kurang dari setahun setelah bencana. Ada pula makromonolit yang diambil dari Tulungagung dan Ngawi, keduanya ada di Jawa Timur.

 

Source Museum Tanah Bogor Jawa Barat
Comments
Loading...