Museum Talaga Manggung Sukabumi

0 215

Lokasi Museum Talaga Manggung

Museum ini terletak di Desa Talaga Wetan, Kecamatan Talaga, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat

Museum Talaga Manggung

Museum yang masih berdiri kokoh ini adalah peninggalan sekaligus patilasan Kerajaan Talagamanggung yang pernah ada di Majalengka sejak 1371 – 1819 M. Sebelumnya kerajaan tersebut berada di barat daya kaki Gunung Ciremai, yang kini menjadi wilayah Kecamatan Talaga, didirikan sebuah museum yang dikelola oleh Yayasan Talagamanggung yang beranggotakan keturunan dari Prabu Darma Suci II.

Barang peninggalan yang bisa terselamatkan dan kini berada di museum tinggal tersisa 11 jenis barang. Museum Talaga Manggung tepatnya berada di Desa Talaga Wetan, Kecamatan Talaga. Dimana jarak yang harus ditempuh untuk menuju ke museum ini yaitu kurang lebih 26 km dari pusat kota Majalengka.

Banyaknya peninggalan sejarah dari Kerajaan Talaga Manggung seperti kereta kencana, peralatan perang, dan alat kesenian, yang menjadi daya tarik tersendiri, dan adanya adat memandikan perkakas yang rutin dilaksananakan setahun sekali. Untuk tiket masuk pada lokasi wisata budaya ini tidak ada ketentuan biaya yang harus di keluarkan hanya sebatas sumbangan sukarela. Museum tersebut sudah berdiri sejak tahun 1991 yang sebelumnya disebut sebagai Bumi Alit dan pada tahun 1993 baru mengalami pemugaran.

Barang Peninggalan di Museum Talaga Manggung

Barang peninggalan yang ada di museum hanya tersisa 11 jenis barang diantaranya, seperangkat alat kesenian (gong renteng), senjata pusaka kerajaan berupa keris,tombak dan lainya yang kini hanya tersisa beberapa buah lagi,berbagai macam gerabah, berbagai jenis senjata penunggak, wuwung bekas bangunan keraton, baju kere dan uang Balado yang digunakan sebagai alat tukar pada masa kerajaanya, teko dan genta, batu Bandring, batu pangsolatan, batu menhir sedangkan untuk arca Raden Pangluran dan Ratu Dewi Simbar Kancana disimpan di rumah kasepuhan keturunan kerajaan Talagamanggung

Source Museum Talaga Manggung Jawa Barat
Comments
Loading...