Museum Suaka Budaya Kasunanan Surakarta

0 273

Lokasi Museum Suaka Budaya Kasunanan Surakarta

Museum Suaka Budaya Kasunanan Surakarta terletak di Baluwarti, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.

Museum Suaka Budaya Kasunanan Surakarta

Nama Museum Suaka Budaya Kasunanan Surakarta diberikan oleh Presiden Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia dengan maksud agar museum tersebut menjadi tempat perlindungan benda-benda budaya yang bernilai tinggi. Museum ini menempati bekas kantor kadipaten sehingga bentuknya memanjang karena kantor kadipaten sesuai fungsinya pada waktu itu menjadi tempat pengelolaan administrasi keraton. Didirikan atas prakarsa Menteri Perhubungan Darat Pos dan Telekomunikasi pada waktu itu, Bapak GPHA Djatikusumo, dan dibuka untuk pertama kalinya pada waktu menerima Tourist PATA I tahun 1963.

Museum Suaka Budaya Kasunanan Surakarta ini memiliki beragam koleksi milik Keraton Surakarta berupa benda-benda bernilai arkeologis (arca batu dan perunggu dari masa Hindu-Buddha), sejarah (kursi dan almari yang pernah dipakai Paku Buwono X, senjata-senjata, dandang berukuran super besar untuk menanak nasi pada waktu perang), etnografi, dan seni tradisional. Selain itu, terdapat juga foto raja-raja serta kereta-kereta raja yang kebanyakan buatan negeri Belanda.

Source http://asosiasimuseumindonesia.org/beranda.html http://asosiasimuseumindonesia.org/anggota/164-museum-suaka-budaya-kasunanan-surakarta.html
Comments
Loading...